Sabtu 19 Oct 2013 17:00 WIB

Tel-U Gandeng Institut Eurecom Prancis

Telkom University
Telkom University

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Telkom University (Tel-U) menjalin kerja sama dengan Institut Eurecom Prancis (Eurecom) tentang berbagai aktivitas akademik dan peluang studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kerjasama yang kita jalin memungkinkan penyelenggaraan program double degree, riset bersama, dan program internship (magang) di perusahaan kelas dunia yang berkecimpung di bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi mahasiswanya," kata Rektor Tel-U Prof Dr Mochamad Ashari di Bandung, Sabtu.

Penandatanganan kerja sama dengan Institut Eurecom dilakukan oleh Rektor Telkom University, Prof Mochamad Ashari dengan Delegasi Internasional Institut Eurecom, Jan Rembowski di kampus Telkom University Bandung Technoplex.

Mochamad Ashari menyebutkan, manfaat dari kerjasama ini dapat memberikan kesempatan pilihan kepada mahasiswa, karena Telkom University mempunyai jaringan yang luas.

Program kerjasama ini merupakan salah satu tujuan dari Telkom University dalam rangka menjadi World Class University di tahun 2017.

"Kerjasama double degree menunjukkan kesetaraan Universitas Telkom dengan partner-nya, baik dilihat dari segi kualitas maupun fisik," kata Ashari.

Tel-U kini juga tengah membuka peluang kerjasama dengan negara-negara lain di Eropa, Asia dan Australia.

Sementara itu pimpinan Eurecom, Jan Rembowski menyebutkan aktivitas riset yang saat ini sedang digeluti oleh Eurecom adalah di bidang security, multimedia dan mobile application.

Eurecom merupakan salah satu perguruan tinggi ternama dan prestisius di Perancis yang berlokasi di kota Paris dimana juga terdapat menara Eiffel sebagai salah satu simbol negara tersebut.

Untuk negara-negara di kawasan Asia, Eurecom telah bekerjasama dengan perguruan tinggi di Singapura, Vietnam, India, dan China.

"Indonesia masih tergolong baru,Telkom University merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang sepakat menjalin kerjasama dengan Institut Eurecom," katanya.

Jan juga menambahkan bahwa industri di Perancis memiliki penilaian tersendiri untuk sekolah-sekolah teknik, untuk Eurecom mendapatkan nilai tertinggi yaitu A+. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat dan industri menaruh kepercayaan yang sangat tinggi kepada Eurecom.

Khusus untuk program doktor, Jan mengungkapkan bahwa seluruh mahasiswa program ini akan diberikan kompensasi, karena aktivitas riset yang mereka lakukan dianggap sebagai suatu pekerjaan dan harus diberi penghargaan

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement