Senin 02 Sep 2013 16:20 WIB

Universitas Brawijaya Buka Kampus di Hong Kong

Universitas Brawijaya Malang
Universitas Brawijaya Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya (UB) Malang membuka kampus ketujuh di Hong Kong yang peruntukannya khusus bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negara itu.

Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Senin (2/9), mengatakan kampus ketujuh di Hong Kong tersebut bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat, karena para TKI bersangkutan bisa kuliah pada hari libur.

"Kami sudah menjalin kerja sama dengan Capstone Hong Kong Institute of Information Technology untuk mengakomodasi keinginan para TKI yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya," kata Yogi.

Menurut Yogi, jumlah TKI di Hong Kong mencapai 165 ribu dan sebagian besar dari mereka ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi, apalagi mayoritas sudah menempuh pendidikan SMA, sehingga lebih mudah untuk mewujudkan keinginan mereka.

Ia mengakui pembukaan kampus UB di Hong Kong itu semata-mata sebagai kepedulian UB untuk mengakomodasi TKI yang ingin kuliah. Sebab pada dasarnya mereka menjadi TKI juga untuk mencari modal biaya kuliah.

Yogi mengatakan, rata-rata mereka mengambil kuliah vokasi (keahlian), terutama program studi informastika. "Mereka minimal ingin memiliki sertifikat keahlian, sehingga ketika kembali Tanah Air bisa bekerja di bidang pekerjaan formal," ujarnya.

Menyinggung kurikulum yang diterapkan, Yogi mengatakan, tetap disesuaikan dengan kurikulum yang diberlakukan di UB, karena kelulusan mereka nanti juga sebagai alumni UB. Sedangkan teknis perkuliahan bisa menggunakan teleconference.

"Kami memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk perkuliahan mereka, apalagi rata-rata mereka juga sudah jago menggunakan berbagai peralatan canggih, sehingga tidak ada kesulitan," tegasnya.

Setelah membuka kampus ke tujuh di Hong Kong dan khusus untuk TKI, UB juga berencana membuka kampus khusus untuk TKI di Taiwan. "Model pendidikannya nanti juga sama, ya seperti ekstensi, karena perkuliahannya hanya pada hari libur saja (paruh waktu)," kata Yogi, menjelaskan.

Kampus pertama (pusat) UB berada di Jalan Veteran Kota Malang, Kampus II di Dieng Kota Malang, Kampus III di Griyashanta (Kota Malang), Kampus IV di Kediri, Kampus V di Probolinggo, Kampus VI di Jakarta dan kampus VII di Hong Kong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement