Rabu 28 Aug 2013 23:03 WIB

UGM Terbitkan Buku Herbal Bone Bolango

UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID,yogyakarta--Universitas Gadjah Mada meluncurkan buku mengenai jenis tanaman herbal dari Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Dosen pendamping lapangan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Bone Bolango, Edi Suryanto mengatakan sebelum kembali ke Yogyakarta pihaknya harus meluncurkan satu karya yang berharga bagi masyarakat yang ditinggalkan.

Karya yang dimaksud berupa buku yang memuat 19 jenis tanaman herbal yang dimiliki Kecamatan Pinogu lengkap dengan foto masing masing jenis.

"Di buku yang memiliki dua puluh halaman itu juga kita sertakan penjelasan kegunaan maupun manfaat dari masing-masing tanaman," kata Edi.

Dia menjelaskan, buku tersebut dibuat dan disusun oleh mahasiswa UGM selama melaksanakan KKN-PPM di Kecamatan Pinogu.

Sembilan belas tanaman herbal pinogu yang diulas lengkap dalam buku tersebut adalah bandotan, cengkih, cocor bebek, langsat, bayam, bayam merah, jambu biji, sirih, pandan, serai, jarak pagar, mangga, pisang, pepaya, krokot, talas, jahe, sawi, dan mentimun.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada peluncuran dan penyerahan buku Tanaman Herbal Pinogu tersebut mengharapkan apa yang menjadi temuan, karya dan inovasi dari mahasiswa UGM di Kecamatan Pinogu bisa dikembangkan terus oleh masyarakat.

"Karya mahasiswa UGM ini diharapkan bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat," kata Hamim.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement