Selasa 20 Aug 2013 07:33 WIB

Unair Terima 12 Mahasiswa Asing

Kampus Universitas Airlangga
Kampus Universitas Airlangga

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 12 mahasiswa asing yang mendaftar pada empat fakultas, yakni kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, dan farmasi.

"Ada 16 mahasiswa asing yang mendaftar, hanya 12 mahasiswa asing yang melakukan registrasi hingga menjelang pengukuhan mahasiswa pada Senin (19/8)," kata Wakil Rektor I Unair Profesor Achmad Syahrani di Surabaya, Selasa.

Didampingi Ketua Humas dan Informasi Studi Unair Dr. M.G. Bagus Ani Putra, dia menjelaskan ke-12 mahasiswa asing itu terbanyak pada Fakultas Farmasi sebanyak lima orang.

Untuk fakultas lainnya, yakni pendidikan kedokteran ada empat orang, pendidikan kedokteran gigi ada tiga orang, dan pendidikan kedokteran hewan ada empat orang.

Pada tahun ini, kata dia, Unair menerima 6.877 mahasiswa baru yang merupakan jumlah terbanyak dalam penerimaan mahasiswa baru di kampus yang memiliki "sejarah" di bidang kedokteran itu.

"Ketika mengukuhkan mahasiswa baru pada hari Senin (19/8), Rektor Unair Prof.Dr. Fasich, Apt. juga memberikan beasiswa Bidik Misi secara simbolis kepada mahasiswa baru yang berhak menerimanya," kata Achmad Syahrani.

Pemberian beasiswa Bidik Misi secara simbolis itu mendapat sambutan positif dari orang tua mahasiswa. "Semoga dengan adanya beasiswa ini tidak akan ada lagi tentang stigma pendidikan tinggi yang mahal," kata orang tua mahasiwa, Yoyon Sudjiono.

Dalam acara pengukuhan itu, para mahasiswa baru mendapatkan kuliah umum dari ahli psikologi Unair agar lebih siap dalam menghadapi masa perkuliahan, di antaranya Hery Widyarso.

Mereka mendapatkan tujuh kiat sukses dalam kuliah, di antaranya tetapkan tujuan hidup, jadilah individu yang proaktif, kenali kelebihan dan kekurangan, "positive thinking", dan tidak mudah menyerah, maksimalkan talenta, bangun "menara" yang tinggi, dan asahlah kemampuan seperti gergaji.

"Agar bisa berkembang, kita harus bisa mengasah kemampuan diri kita seperti halnya mengasah gergaji. Asahlah mulai dari fisik, mental, sosial-emosional dan spiritual," saran Hery Widyarso.

Pada tahun ini, Unair menerima mahasiswa dari seleksi paling akhir yakni mahasiswa jalur Mandiri II yang diumumkan pada tanggal 16 Agustus lalu, yakni 448 mahasiswa.

Ada 503 mahasiswa Jalur Mandiri II yang diterima. Namun, 54 mahasiswa tidak melakukan registrasi dan satu mahasiswa yang melakukan registrasi tetapi terkendala verifikasi pendidikan.

Dari jalur Diploma II, Unair menerima 727 mahasiswa. Ada 835 mahasiswa yang diterima tetapi 106 mahasiswa tidak melakukan registrasi dan dua mahasiswa terkendala verifikasi pendidikan.

Sementara itu, mahasiswa dari jalur Alih Jenis II ada 227 mahasiswa. Ada 252 mahasiswa yang diterima tetapi 24 mahasiswa tidak melakukan registrasi dan seorang mahasiswa terkendala verifikasi pendidikan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement