Senin 15 Jul 2013 16:57 WIB

153 Mahasiswa Unair Jalur SBMPTN Mengundurkan Diri

SBMPTN 2013
Foto: spexotics.com
SBMPTN 2013

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Sebanyak 153 dari 869 mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang diterima dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 terancam dinyatakan mengundurkan diri karena belum melakukan registrasi dan belum membayar.

"Hingga pendaftaran ulang jalur SBMPTN 2013 ditutup pada Senin (15/7) pukul 12.00 WIB masih ada 153 yang terancam mengundurkan diri yakni 48 orang belum registrasi online dan 105 orang belum membayar," kata Wakil Rektor I Unair Prof Dr Ahmad Syahrani MS Apt di Surabaya, Senin.

Padahal, katanya, mahasiswa baru telah diberi waktu tambahan untuk melakukan registrasi selama tiga hari pada Sabtu, Minggu, dan Senin (13-15/7), namun masih ada yang belum melakukan registrasi online dan melakukan pembayaran.

"Ke-48 mahasiswa yang tidak melakukan registrasi itu otomatis dianggap mengundurkan diri, tapi 105 mahasiswa yang masih belum melakukan pembayaran diberi toleransi hingga Senin (15/7) sore, karena hal itu mungkin terjadi akibat masalah teknis," katanya.

Masalah teknis dimaksud, misalnya, mereka sedang antre di bank dan sampai di depan "teller" sudah ditutup pendaftarannya. "Kalau seperti itu masih kami beri toleransi," kata mantan Dekan Fakultas Farmasi Unair itu.

Terkait penyebab mahasiswa baru yang mengundurkan diri itu, Prof Syahrani mengatakan hal itu bisa karena berbagai alasan, misalnya mahasiswa yang bersangkutan sudah diterima kuliah di tempat lain, jurusan yang dipilih tidak sesuai dengan keinginan awal, dan sebagainya.

"Tahun ini Unair menerima 869 orang mahasiswa baru dari jalur SBMPTN atau 15 persen dari kuota total mahasiswa baru, namun ada 153 mahasiswa masih belum ada kejelasan melakukan registrasi," katanya.

Tentang kursi kosong akibat adanya mahasiswa baru yang mengundurkan diri tersebut, ia mengatakan sisa kursi kosong akan diberikan untuk mahasiswa jalur mandiri, namun hal itu akan diputuskan dalam rapat bersama panitia penerimaan mahasiswa baru.

"Pengumuman penerimaan mahasiswa baru dari jalur Mandiri akan disampaikan pada Senin malam dengan jadwal pendaftaran ulang untuk jalur mandiri pada 29-31 Juli," katanya, didampingi Kepala Humas Unair Surabaya, MG Bagus AP.

Ia menambahkan kuota untuk jalur Mandiri 2013 sebesar 1.776 kursi, namun jumlah itu akan bertambah dengan adanya mahasiswa jalur SBMPTN yang mengundurkan diri. "Itu otomatis," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement