Rabu 22 May 2013 16:00 WIB

Empat Mahasiswa Wakili Indonesia Dalam Ajang 'Hitachi Your Leaders Initiative'

Rep: Fenny Melisa/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat mahasiswa mewakili Indonesia dalam ajang pemuda tingkat ASEAN Hitachi Your Leaders Initiative (HYLI) 1-5 Juli 2013 mendatang.

Pada ajang yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand tersebut, Yosaka Eka Putranta (ITB), Putranegara Riauwindu (ITB), Anbar Jayadi (UI), dan Rhesa Theodorus Hanani (Universitas Katolik Atma Jaya) akan bekerja sama merumuskan gagasan-gagasan tentang permasalahan ekonomi dan infrastruktur sosial yang terjadi di kawasan ASEAN.

Tidak hanya merumuskan gagasan, pada ajang HYLI ke-12 ini para mahasiswa yang telah terpilih melalui proses seleksi ketat oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Budaya (Kemdikbud) akan berdialog dengan 28 mahasiswa dari enam negara ASEAN lainnya seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Jepang.

Managing Director Hitachi Asia Ltd Yukio Toyoshima mengatakan pada ajang HYLI ke 12 akan menghadirkan beberapa pemangku kepentingan yang berpengaruh di tingkat regional ASEAN yang berasal dari pemerintah, swasta, maupun akademik.

"HYLI menawarkan kesempatan unik bagi para mahasiswa untuk menampilkan gagasan mereka untuk didengarkan para praktisi terkemuka," kata Yukio pada konferensi pers HYLI di Jakarta Rabu (22/5).

Menurut Yukio HYLI merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan yang bergerak pada bisnis peralatan elektronik, sistem informasi, dan media digital ini kepada masyarakat luas. Tidak hanya itu, HYLI fokus untuk mengidentifikasi pemimpin Asia di masa depan.

"Kami mulai HYLI ini sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk memberi kesempatan bagi pemimpin muda agar mereka lebih paham masalah global," kata Yukio mwnjwlaskan.

Yukio mengungkapkan HYLI berawal dari kepercayaan Hitachi bahwa investasi jangka panjang ada pada generasi muda. Karena itu, HYLI diselenggarakan dengan harapan akan melahirkan pemimpin masa depan yang mampu mengatasi permasalah global yang ada.

 

Indonesia, kata Yukio, sudah berpartisipasi sejak awal HYLI diselenggarakan dan sempat menjadi tuan rumah pada HYLI ke 9 tahun 2008.

Diselenggarakan pertama kalinya tahun 1996, HYLI telah menghimpun banyak mahasiswa terbaik di Asia. Setiap tahun empat mahasiswa berprestasi yang berusia di bawah 28 tahun dipilih untuk mewakili negara mereka dalam program HYLI.

Jika pada tahun lalu, HYLI mengambil tema ASEAN Economic Community (AEC) pada HYLI ke 12 ini bertemakan The Road Ahead ASEAN's Role in Asia and the Global Economy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement