Selasa 19 Mar 2013 20:26 WIB

UNY Incar Posisi Tiga dalam Pomas di Yogyakarta

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Djibril Muhammad
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Rochmat Wahab menargetkan mendapat ranking ke-3 dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-13 yang akan berlangsung di Yogyakarta.

"Waktu POKMAS di Palembang kami bisa mencapai ranking ke-4. Untuk mencapai target tersebut kami akan memasukkan panahan sebagai unggulan. Walaupun demkian cabang olahraga yang lain juga akan kita siapkan sebaik-baiknya," katanya pada wartawan usai bertemu dengan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (19/3).

"Kami akan dorong semua atlet yang berprestasi dari UNY yang akan ikut seleksi dalam POMNAS menjadi atlet yang terbaik. Tetapi tentu saja nantinya akan diseleksi diantara mahasiswa perguruan tinggi se-DIY," katanya.

Dalam POMNAS ke-13 yang berlangsung 25 November-1 Desember 2013 UNY akan menjadi tuan rumah. "Penyelenggaraan POMNAS ini dua tahun sekali. Rencananya akan hadir 5 ribu atlet. Apabila ditambah dengan penggembira ada sebanyak 10 ribu yang akan hadir di Yogyakarta," tuturnya.

Rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan membuka acara tersebut. Di bagian lain, Prof Rochmat mengatakan dalam rangka Dies Natalis UNY tahun ini yang bertema 'Pendidikan untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa', UNY akan mengikutsertakan mobil listrik karya mahasiswanya untuk ikut kompetisi di Korea pada bulan April.

"Mobil listrik UNY dengan model mobil balap sudah empat kali berturut-turut juara. Mobil listrik yang akan diikutsertakan dalam kompetisi di Korea merupakan mobil listrik keempat yang diproduksi oleh UNY," katanya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan pada tahun ini tepatnya 22-30 Juni 2013 UNY akan menjadi tuan rumah dalam konferensi pendidikan moral se Asia-Pasifik ke-8. Akan datang 13 negara untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement