Senin 18 Mar 2013 16:25 WIB

UNY Tambah Guru Besar

Rep: Yulianingsih/ Red: Fernan Rahadi
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menambah satu guru besar. Kali ini Endang Widjajanti, dosen Fakultas MIPA UNY dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Kimia Fisika perguruan tinggi kependidikan tersebut. Pengukuhan guru besar baru di UNY ini dilakukan oleh Senat Akademik UNY di kampus setempat, Senin (18/3).

Dalam upacara pengukuhan tersebut, Endang Widjajanti menyampaikan pidatonya berjudul "Peran Proses Kimia Permukaan Dalam Kehidupan Sehari-hari". Melalui pengukuhan tersebut, Endang merupakan guru besar UNY ke-118.

"Selama ini ilmu kimia seringkali digambarkan sebagai sesuatu yang abstrak, padahal tanpa kita sadari dalam setiap bagian dari tubuh kita, pakaian yang kita kenakan, semua benda di ruangan ini, ataupun lingkungan tempat kita tinggal tersusun dari senyawa kimia," ujarnya dalam pidato tersebut.

Diakuinya, kehidupan manusia tidak terlepas dari proses kimia terutama kimia permukaan. Endang mencontohkan reaksi pasta gigi saat sikat gigi dan reaksi bedak yang dipakai di pipi. Saat ini kata dia, perkembangan teknologi kimia permukaan membuat kita menjadi nyaman dalam berbagai kegiatan meskipun juga membawa dampak buruk bagi lingkungan.

"Pemilihan material seperti sabun atau deterjen yang tepat dapat membantu kita menjaga lingkungan," tambahnya. Rapat senat terbuka pengukuhan guru besar tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UNY, Rochmat Wahab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement