Sabtu 09 Mar 2013 15:54 WIB

Mendikbud Resmikan Politeknik Sambas

Mendikbud  Mohammad Nuh
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Mendikbud Mohammad Nuh

REPUBLIKA.CO.ID,SAMBAS--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh akan meresmikan Politeknik Negeri Sambas yang terletak di Jalan Raya Sejangkung Kawasan Pendidikan Tinggi Sambas, Sabtu sore.

Politeknik Negeri Sambas sebelumnya bernama Politeknik Terpikat Terigas dan mulai dirintis sejak 2005. Politeknik tersebut juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang berada di daerah berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia.

Pendirian Politeknik Negeri Sambas berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 15 tahun 2013 tentang pendirian, organisasi dan tata kerja politeknik negeri sambas tanggal 22 feb

Bupati Sambas Juliarti Juhardi Alwi bertekad akan memperkuat pendanaan untuk mendukung Politeknik Negeri Sambas.

"Saya menunda membangun rumah dinas dan dananya dialihkan Politeknik Negeri Sambas," ujar dia. Ia melanjutkan, Pemkab Sambas berkepentingan dengan perguruan tinggi di kabupaten itu. "Terutama menyangkut peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)," ujar dia.

Alokasi dana sektor pendidikan di APBD Kabupaten Sambas kini mencapai 44,37 persen. "Kalau Undang-Undang mengamanatkan 20 persen, kita sudah jauh diatas itu," kata Juliarti.

Dari alokasi daerah tahun ini, sebanyak 25 persen digunakan untuk belanja langsung. Asisten II Setda Kalbar Lensus Kandry menambahkan, Pemprov punya komitmen tinggi dalam bidang pendidikan.

"Untuk Kabupaten Sambas, kami beri penghargaan karena berjuang keras dalam mewujudkan perguruan tinggi di Sambas," kata Lensus Kandry.

Kota Sambas berada sekitar 300 kilometer sebelah utara Kota Pontianak.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement