Sabtu 16 Feb 2013 12:39 WIB

Mahasiswa Indonesia Juara International Youth Festival di India

Rep: Fenny Melisa/ Red: Heri Ruslan
International Youth Festival 2012
Foto: iyf
International Youth Festival 2012

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiwa Indonesia berhasil merebut juara pertama even budaya International Youth Festival 2012-2013 di Pune, India.

"Prestasi ini mereka raih setelah menampilkan Tari Saman dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan berhasil menyisihkan 25 negara peserta lainnya," ujar Konsul Jenderal RI Mumbai, India, Indra Kesuma Oesman, melalui siaran pers yang diterima ROL, Sabtu (16/2).

Menurut Indra pelaksanaan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Pune tersebut  Pelaksanaannya mendapatkan sambutan luar biasa dari 1.000 tamu undangan dan masyarakat duni.

“Kegiatan ini memperlombakan kesenian dan kebudayaan dari mahasiswa asing yang kuliah di 40 perguruan tinggi dan politeknik afiliasi,” kata Indra.

Tidak hanya menampilkan tarian khas daerah NAD, pada festival tersebut para mahasiswa Indonesia juga menyajikan kuliner khas Indonesia. "Mereka menyajikan risoles, bakwan, es buah, lapis legit dan godok pisang," tutur Indra.

Universitas Pune merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di India yang berdiri sejak tahun 1948 dan memiliki 170.000 mahasiswa lokal, serta mahasiswa asing dari 104 negara.

Indra mengungkapkan saat ini tercatat sebanyak 15 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Universitas Pune dan afiliasinya seperti Spicer Memorial College dan Symbiosis International University. 

“Meski jumlah mereka sedikit, namun semangat dan perjuangan mereka mempromosikan kesenian dan kebudayaan Indonesia patut mendapatkan penghargaan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement