Senin 04 Feb 2013 10:30 WIB

UBH Terima Mahasiswa Baru Tanpa Tes

Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Universitas Bung Hatta (UBH) Padang menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2013 tanpa melalui seleksi ujian masuk atau tanpa tes.

"UBH juga akan menerima calon mahasiswa melalui penjaringan nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN) dan prestasi akademik maupun non-akademik selama di tingkat SMA/SMK/MA," kata Rektor UBH, Prof Dr Fachri Ahmad, MSc di Padang, Senin.

Ia menambahkan, UBH juga menerima calon mahasiswa melalui jalur prestasi non-akademik seperti seni dan olahraga, dengan kewajiban melampirkan sertifikat atau piagam sebagai bukti prestasi.

Penerimaan mahasiswa baru tanpa seleksi ujian masuk, menurut dia, tidak menjadi masalah bagi perguruan tinggi swasta terbesar di wilayah Sumatera bagian tengah itu.

Hal itu karena semua program studi yang ada di lingkungan UBH telah terakreditasi dengan peringkat B. "UBH akan menerima calon mahasiswa tanpa tes dengan merujuk pada hasil UN dan rapor serta memberlakukan sistem rangking untuk mendapatkan input yang terbaik," tambahnya.

Pada tahun ajaran 2013/2014, UBH menerima 3.000 orang mahasiswa baru untuk 25 program studi yang tersebar di tujuh fakultas.

Pada tahun ajaran ini, UBH juga melanjutkan program penerimaan mahasiswa baru melalui Bidik Misi (mahasiswa miskin yang mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional untuk mahasiswa miskin tapi berprestasi).

Selain itu, pihaknya menyediakan tempat bagi calon mahasiswa baru yang menerima bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, serta mahasiswa yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement