Jumat 01 Feb 2013 23:13 WIB

UNY Terima 1.200 Mahasiswa Bidik Misi

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Negeri Yogyakarta akan menerima sebanyak 1.200 mahasiswa program beasiswa pendidikan untuk mahasiswa miskin berprestasi pada tahun akademik 2013/2014, kata Wakil Rektor II universitas itu Mohammad Alip.

"Penerimaan mahasiswa program beasiswa pendidikan untuk mahasiswa miskin berprestasi (bidikmisi) sebanyak itu akan dilakukan melalui tiga jalur, yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia pada evaluasi dan pengarahan 2.000 mahasiswa program bidikmisi UNY angkatan 2010-2012, jumlah 1.200 mahasiswa program bidikmisi yang akan diterima pada tahun akademik 2013/2014 itu meningkat sebanyak 100 mahasiswa dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Pada 2012 UNY menerima mahasiswa program bidikmisi sebanyak 1.100 orang. Pada 2013 jumlah mahasiswa yang diterima lebih banyak untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada mahasiswa miskin berprestasi," katanya.

Ia mengatakan mahasiswa bidikmisi menerima biaya pendidikan dan biaya hidup dari pemerintah sehingga perlu dipertanggungjawabkan secara benar, di antaranya dengan menjaga prestasi akademik.

"Prestasi akademik mahasiswa bidikmisi akan dilaporkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) secara periodik sehingga perlu menjaga indeks prestasi," katanya.

Menurut wakil rektor III UNY Sumaryanto mengatakan penting bagi para mahasiswa bidikmisi untuk mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan.

"Selain sebagai salah satu syarat mendapatkan beasiswa, kegiatan organisasi kemahasiswaan juga akan melatih kemandirian dan mendukung capaian prestasi mereka sendiri seperti lulus tepat waktu, masa tunggu rendah, dan indeks prestasi yang tinggi," katanya.

Kepala Bagian Keuangan UNY Sukirdjo mengatakan penyaluran dana beasiswa bidikmisi berupa biaya hidup mahasiswa dibayarkan pada awal bulan pada semester pertama melalui transfer ke rekening bank masing-masing, sedangkan untuk semester kedua dan seterusnya akan ditransfer setiap awal triwulan.

"Dana tersebut diharapkan digunakan secara efektif dan efisien untuk keperluan biaya hidup dan pendidikan mahasiswa selama menempuh studi," katanya.

Evaluasi dan pengarahan itu dilakukan dalam rangka memantau perkembangan dan kemajuan belajar para mahasiswa penerima bidikmisi. Kegiatan itu dihadiri 2.000 mahasiswa bidikmisi terdiri atas 400 mahasiswa angkatan 2010, 500 mahasiswa angkatan 2011, dan 1.100 mahasiswa bidikmisi angkatan 2012.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement