Kamis 31 Jan 2013 15:33 WIB

Rektor Unpad Raih Penghargaan Rancage 2013

Ganjar Kurnia
Ganjar Kurnia

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia mendapat penghargaan Hadiah Sastera "Rancage" 2013 untuk jasa dalam bahasa Sunda berkat keaktifannya dalam kegiatan kesundaan sejak mahasiswa dan gagasannya menyelenggarakan Hari Bahasa Ibu Internasional di Unpad.

Siaran panitia "Rancage" 2013, Kamis, menyebutkan berkat gagasan Ganjar Kurnia, Unpad menjadi lembaga pertama di Indonesia yang memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, yaitu kegiatan yang dipromosikan oleh Unesco.

Untuk kategori karya sastra Sunda, panitia memilih "Lagu Padungdung", kumpulan sajak Deni A Fajar, sebagai pemenang.

Hadiah Sastra "Rancage" 2013 untuk sastra Jawa kategori karya diberikan kepada "Pratisara", kumpulan cerita pendek karya Krisna Mihardja terbitan Leutikaprio,  Jogjakarta. Sedangkan Hadiah Sastra "Rancage" 2013 untuk jasa dalam bahasa Jawa diberikan kepada JFX Hoery, penulis guritan dan cerita pendek bahasa Jawa.

JFX Hoery menulis guritan dan cerita pendek bahasa Jawa yang kecuali dimuat dalam majalah-majalah bahasa Jawa juga kemudian dibukukan. Buku dia, misalnya, Pagelaran (mendapat Hadiah "Rancage" 2004 untuk karya), Banjire Wis Surut (2006), dan Wulu Domba Pancal Panggung (2011).

Dia pernah menjadi wartawan media massa bahasa Jawa seperti Kumandang (Jakarta), Djaka Lodang dan Mekarsari (Jogjakarta). Juga dalam media massa berbahasa Indonesia seperti Kedaulatan Rakyat (Semarang) dan Berita Nasional (Jogjakarta).

Untuk sastra Bali 2013, penghargaan serupa diberikan kepada "Sentana", roman pendek karya I Made Sugianto, terbitan Pustaka Ekspresi. I Made Sugianto pernah mendapat Hadiah Sastra "Rancage" sastra Bali untuk jasa tahun 2012. Sedangkan Hadiah Sastra "Rancage" sastra Bali untuk jasa tahun 2013 diberikan kepada I Nyoman Suprapta.

I Nyoman Suprapta pernah bekerja sebagai guru agama (1981-1997), dan kini memusatkan perhatian pada penulisan karya puisi tradisional Bali jenis geguritan. Sejak 2000 Suprapta sudah menulis 100 judul geguritan, 80 di antaranya sudah diterbitkan sebagai buku.

Panitia juga memberikan Hadiah "Samanhudi" 2013 untuk "Dongeng Aki Guru" karya Elin Samsuri terbitan Kiblat Buku Utama, Bandung. Penghargaan ini diberikan kepada bacaan anak-anak dalam bahasa Sunda.

Upacara penyerahan Hadiah Sastera "Rancage" dan Hadiah "Samsudi" 2013 akan dilaksanakan atas kerjasama Yayasan Kebudayaan "Rancage" dengan Universitas Padjadjaran di Kampus Unpad, di Jalan Dipatiukur, Bandung, Mei.

Setiap yang memperoleh penghargaan akan mendapat hadiah Rp5 juta. Penghargaan "Rancage" sudah berjalan selama 25 tahun tanpa jeda.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement