Senin 28 Jan 2013 09:00 WIB

Kampus Jawa dan Bali Ramaikan Pameran Pendidikan Kopertis IX

ilustrasi
Foto: ist
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--Kampus asal Jawa dan Bali akan turut mengambil bagian dan meramaikan Pameran Pendidikan Tinggi Kopertis Wilayah IX yang akan digelar di Mall Ratu Indah Makassar, 22-24 Februari 2013.

Kehadiran kampus itu selain menyajikan informasi, sekaligus memperluas akses jaringan kepada masyarakat di wilayah Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia, kata Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Dr H Ibrahim Saman, MM, di Makassar.

Pameran pendidikan tinggi diselenggarakan Kopertis Wilayah IX Sulawesi setiap tahun dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei. Kegiatan tersebut menjadi media bagi kampus di jajaran Kopertis Wilayah IX memberikan informasi yang baik dan benar tentang pengelolaan kampus dengan segala sarana dan prasarana yang dimiliki kampus, ujarnya.

Animo kampus dari luar Sulawesi ikut pameran, menjadi pertanda peluang mendapatkan pasar terbuka cukup luas. Jika kondisi demikian tidak diantispasi para pengelola kampus di Sulawesi, maka para orang tua dan calon mahasiswa lebih memilih melanjutkan studi anak-anak mereka ke kampus yang ada di Jawa dan Bali, ujar Ibrahim.

Dikalangan calon mahasiswa, ada kesan berorientasi melanjutkan studi keluar daerahnya. Kondisi demikian, jika kampus di wilayah Sulawesi tidak mampu mengantisipasi dengan menghadirkan prodi sesuai tuntutan pasar dan proses pembelajaran memenuhi standar, maka perlahan akan ditinggalkan masyarakat.

Panitia pelaksana pameran, Afria menambahkan, kampus yang siap ikut pameran di antaranya, Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, Universitas 17 Agustus, Universitas Gunadarma Jakarta. Unindra Bali, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Brawijaya Malang. Balai Diklat Perhubungan, Badan Tenaga Atom Nasional.

Kampus dari Sulawesi di antaranya, UVRI Makassar, Universitas Cokroaminoto Makassar, Universitas Indonesia Timur, Universitas Terbuka, Akademi Teknologi Soroako. UKIP Makassar, Stikes Mega Rezky.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement