Senin 03 Dec 2012 14:35 WIB

Unpad Menuju Kampus Internasional

Rep: Lingga Permesti/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kampus Unpad, Bandung
Kampus Unpad, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air, Universitas Padjadjaran bakal menginternasionalisasi seluruh fakultasnya untuk menuju World Class University.

Wakil Rektor III Unpad, Setiawan, mengungkapkan spektrum kerja sama dengan dalam dan luar negeri mutlak diperlukan dalam internasionalisasi kampus Unpad. Pasalnya, kerjasama sebagai alat untuk meningkatkan citra institusi dan peningkatan kualitas institusi tersebut. 

Internasionalisasi pendidikan di Unpad sudah mulai terjadi dengan dibukanya beberapa universitas yang berafiliasi dan beberapa universitas yang menjalani program dual degree keluar negeri. 

"Unpad terus mengejar agar terakreditasi secara internasional dengan menghasilkan publikasi internasional, peningkatan kualifikasi dosen dan staf dan peningkatan kompetensi kelulusan,"jelasnya saat Lokakarya Internasionalisasi Fakultas di lingkungan Unpad, Senin (3/12).

Kampus yang berlokasi di Bandung dan Jatinangor ini membuka kelas untuk para mahasiswa internasional. Fakultas tersebut yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Selain program sarjana, ada juga dari mereka yang mengikuti program profesi dan twinning.

Para mahasiswa internasional itu berasal dari Malaysia, Timor Leste, Serbia, Cina, Madagaskar, Bangladesh, Thailand, Laos, Papua Nugini, Uganda, Zimbabwe, dan Korea. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, sejumlah fakultas di Unpad seperti FK, menyediakan kelas pengantar bahasa Inggris (KPBI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement