Jumat 18 Mar 2011 21:00 WIB

Undip Urutan Empat PTN Pilihan SNMPTN Undangan

Ujian Nasional
Foto: ISTOCK PHOTO
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Universitas Diponegoro Semarang, Provinsi Jawa Tengah menduduki urutan ke empat dari 60 perguruan tinggi negeri yang dipilih peserta Seleksi Nasional Masuk PTN atau SNMPTN jalur undangan. Rektor Undip, Prof. Sudharto P. Hadi di Semarang, Jumat (18/3), mengatakan jumlah pendaftar Undip melalui SNMPTN jalur undangan hingga batas akhir pendaftaran pada 12 Maret lalu mencapai 22.732 orang.

Dengan jumlah pendaftar sebanyak 22.732 orang itu, kata dia, Undip menduduki peringkat empat dari total pendaftar sebanyak 132.000 orang yang mendaftar di 60 PTN yang ikut SNMPTN jalur undangan. Menurut dia, jumlah pendaftar SNMPTN jalur undangan sebenarnya dipengaruhi oleh banyaknya program studi yang ditawarkan, semakin banyak program studi yang dimiliki tentunya memengaruhi jumlah pendaftar.

Ia menyebutkan urutan pertama adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 68 program studi, kedua Universitas Indonesia dengan 55 program studi, dan ketiga Universitas Padjajaran dengan 51 program studi. "Undip menduduki urutan empat dengan 43 program studi yang ditawarkan. Pendaftar terbanyak pada Fakultas Kedokteran dengan 2.219 pendaftar pilihan pertama dan 2.729 pendaftar pilihan kedua," katanya.

Itu untuk program studi eksakta, kata dia, sementara program studi sosial yang paling banyak jumlah pendaftarnya adalah Akuntansi dengan 1.496 pendaftar pilihan pertama dan 1.721 pendaftar pilihan kedua. Dari jumlah pendaftar melalui SNMPTN jalur undangan sebanyak itu, kata dia, nantinya akan disaring lagi menjadi sekitar 20 persen dari daya tampung program strata 1 (S1) Undip yang mencapai 8.445 orang.

"Kami berkomitmen untuk menetapkan kuota mahasiswa baru melalui SNMPTN, baik jalur undangan maupun ujian tulis sebesar 60 persen, 40 persen sisanya akan diambilkan dari jalur mandiri," kata Sudharto.

Sementara itu, Pembantu Rektor I Universitas Negeri Semarang, Agus Wahyudin menyebutkan total jumlah pendaftar Unnes melalui SNMPTN jalur undangan hingga batas akhir pendaftaran tercatat sebanyak 16.038 orang. Program studi yang paling banyak dipilih pendaftar, kata dia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan jumlah 2.330 pendaftar, diikuti Pendidikan Bahasa Inggris dengan pendaftar sebanyak 582 orang.

"Dari jumlah pendaftar sebanyak itu, nantinya akan diverifikasi dan diseleksi panitia pusat, misalnya pendaftar pilihan pertama diprioritaskan, setelah itu hasilnya diumumkan pada 18 Mei 2011," kata Agus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement