Jumat 18 Mar 2011 16:46 WIB

Pererat Kerja Sama, UGM-Campus France Tukar-menukar Dosen

Gedung pusat  kampus UGM
Gedung pusat kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mempererat kerja sama dengan Campus France dan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dalam pertukaran dosen dan mahasiswa. "Kami datang ke Universitas Gadjah Mada dalam rangka mempererat kerja sama untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa," kata Atase Bidang Teknik dan Kerja Sama Ilmiah Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis di Indonesia M Dominique Dubois di Yogyakarta, Jumat (18/3).

Menurut dia usai bertemu dengan jajaran pimpinan UGM, salah satu hal penting yang dibahas dalam pertemuan itu adalah program 'joint dissertation' dan 'fast track' bagi dosen dan mahasiswa. "Hal itu sesuai dengan hasil kesepakatan Directorate General of Higher Education of Mone dengan Kedubes Prancis," katanya.

Ia mengatakan, program 'joint dissertation' ditujukan kepada dosen yang bergelar master, sedangkan program 'fast track' untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik terbaik. Melalui program 'fast track', menurut dia, mahasiswa terbaik S1 di UGM dapat menjalani tahun pertama S2-nya di Prancis.

"Kerja sama yang terjalin antara Campus France dan UGM diharapkan dapat ditingkatkan di kemudian hari, termasuk kemungkinan kerja sama lebih lanjut dengan dekan dan kepala pusat studi," katanya.

Wakil Rektor UGM Bidang Alumni dan Pengembangan Usaha Atyanto Dharoko mengatakan, kerja sama tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dosen dan mahasiswa UGM untuk melanjutkan studi ke Prancis. "Kami berharap kerja sama itu dapat bermanfaat bagi kedua pihak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement