Sabtu, 27 Syawwal 1435 / 23 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

UGM Teratas PTN Paling Diminati Peserta SNMPTN Jalur Undangan

Rabu, 16 Maret 2011, 16:10 WIB
Komentar : 0
Gedung pusat  kampus UGM
Gedung pusat kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berada di urutan teratas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling diminati calon mahasiswa yang mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan. Menurut Bendahara Umum Panitia SNMPTN yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof Rochmat Wahab, registrasi untuk jalur undangan telah berakhir Selasa (15/3) kemarin.

Berdasarkan data, UGM merupakan PTN yang berada di diurutan teratas minat calon mahasiswa melalui jalur tersebut. "Dari posisi enam teratas PTN yang diminati, dua diantaranya dari Yogyakarta yaitu teratas UGM dan urutan keenam UNY," terangnya kepada Republika, Rabu (16/3).

Berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah peserta SNMPTN jalur undangan yang direkomendasikan kepala sekolah ke panitia sebanyak 235.465 siswa. Jumlah itu terdiri atas 165.446 siswa jalur undangan murni dan 7.019 jalur bidikmisi (siswa miskin berprestasi). "Dari jumlah tersebut yang melakukan registrasi hingga hari terakhir kemarin mencapai 233.898 siswa atau 90 persen lebih," paparnya.

Dari jumlah pendaftar tersebut, UGM menempati urutan pertama pilihan calon mahasiswa dari 60 PTN yang mengikuti seleksi jalur ini. Jumlah pendaftar yang memilih UGM sebanyak 34.922 siswa. Berada di urutan kedua, Universitas Indonesia (UI) dengan jumlah peminat 32.363 siswa, diikuti Universitas Padjajaran sebanyak 27.292 peminat, dan urutan keempat Universitas Brawijaya dengan 23.010 peminat.

Berada di urutan kelima Universitas Brawijaya dengan jumlah pendaftar 21.560 siswa dan urutan keenam adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan jumlah peminat 19.254. "Ini diluar prediksi kami, dan cukup membanggakan juga karena kita berada di urutan keenam," tegas Rochmat yang juga menjadi Rektor UNY.

Uniknya, kata dia, dari peserta bidikmisi urutan pertama PTN yang diminati calon mahasiswa dari siswa miskin dan berprestasi adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan jumlah pendaftar 6.757 siswa dan urutan kedua yang paling diminati di jalur ini adalah UNY dengan pendaftar 6.700 siswa, diikuti urutan ketiga Universitas Negeri Semarang (Unes) sebanyak 6.602 pendaftar baru diikuti PTN lain seperti Unpad, UGM dan Universitas Negeri Malang.

Jumlah sekolah yang mengirimkan rekomendasi siswanya untuk ikut jalur ini sebanyak 8.209 sekolah. Dari jumlah itu partisipasi terbanyak sekolah di DIY yaitu 55,39 persen diikuti sekolah di Sumatera Barat sebanyak 51,75 persen, Gorontalo sebanyak 41,67 persen, Aceh 40 persen dan Jawa tengah 37,85 persen.

"Setelah registrasi selesai semua rektor sudah dikumpulkan untuk membahas proses seleksi selanjutnya dari jalur ini. Akan kita proses untuk pilihan pertama terlebih dahulu," tandasnya. Pengumuman hasil seleksi jalur ini tanggal 18 Mei 2011 mendatang.


Reporter : Yulianingsih
Redaktur : Djibril Muhammad
Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu((QS. An Nisa 4 : 29).)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Manfaat Antioksidan dan Antidepresan pada Coklat
WASHINGTON -- Banyak ahli gizi memperingatkan bahwa tingginya kandungan gula dalam coklat bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Tapi sejumlah dokter menunjukkan adanya manfaat dari...