Senin 28 Feb 2011 12:33 WIB

Wow...Anak Muda Bali Bisa Magang ke Jepang

latihan kerja di Jepang
Foto: .
latihan kerja di Jepang

DENPASAR - Himpunan pengusaha Jepang The Association International Menpower Development of Medium and Samll Enterprises Japan (IMM) memberikan kesempatan kepada anak-anak muda Bali mengikuti latihan magang di negeri Sakura itu.

"Kesempatan baik itu untuk meningkatkan wawasan, pengalaman dan berbagai jenis keterampilan, di samping imbalan yang cukup memadai," kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja, Kependudukan dan Transmigrasi Provinsi Bali, Anak Agung Putra Adi di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, berapapun jumlah anak-anak muda dari Bali untuk mengikuti program magang sanggup diterima oleh IMM, asal sesuai dengan ketentuan, persyaratan dan lulus seleksi.

Ketentuan untuk mengikuti program magang dalam berbagai jenis keterampilan ke Jepang dinilai sangat ketat, karena seleksinya dilakukan oleh tim dari IMM Jepang.

Persyaratan tersebut antara lain sehat jasmani, rohani, tidak cacat, tidak bertato, disiplin, bisa berbahasa Jepang serta sanggup mematuhi ketentuan dan aturan yang berlaku di negara tersebut.

Dari 228 orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program tersebut, setelah seleksi tahap pertama yang dinyatakan lulus hanya 35 orang. "Peserta tahap berikutnya masih mengikuti kursus bahasa Jepang, bagi yang lulus kegiatan itu baru diberangkatkan ke negeri Sakura," ujar Agung Putra Adi.

Ia menjelaskan, latihan magang ke Jepang bagi generasi muda Bali merupakan realisasi kesepakatan kerja sama antara Kemenakertrans RI dengan IMM Japan.

Khusus peserta dari Bali untuk kegiatan IMM Jepang tersebut tidak ada kuota (pembatasan), berapapun banyaknya asal lulus seleksi bisa diterima.

Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja dari Bali, karena selama ini citranya sangat baik. Mereka yang diberangkatkan ke Jepang selanjutnya dalam tiga bulan pertama mengikuti latihan keterampilan sesuai minat dan bakatnya, dengan mendapat fasilitas berupa pemondokan dan gaji yang memadai.

Setelah menjalani pelatihan selama tiga tahun atau dapat diperpanjang sesuai kontrak, mereka kembali ke Indonesia dengan memiliki keterampilan, sesuai bidang yang ditekuni di Jepang.

Sebelum kembali ke Indonesia, mereka mempunyai peluang untuk menandatangani kontrak kerja dengan anak perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

Peluang latihan keterampilan tersebut meliputi konstruksi bangunan, mebelair, operator mesin, perakitan barang elektronik, pembuatan pakaian sampai proses pengalengan ikan.

Sebanyak 21 anak-anak muda asal Kabupaten Karangasem, Bali mengikuti program magang pada sektor peternakan dan pertanian hortikultura yang dikelola koperasi Koperasi Tsukuba Provinsi Hibaraki, Jepang, sejak pertengahan bulan Februari 2011.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement