Senin 14 Mar 2011 18:08 WIB

Registrasi SNMPTN Jalur Undangan Diundur

Rep: n Yulianingsih./ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terpaksa mengundur jadwal registrasi untuk seleksi jalur undangan tahun 2011 ini. Pasalnya hingga batas akhir registrasi, Sabtu (12/3) lalu, jumlah calon mahasiswa yang melakukan registrasi belum banyak. "Belum banyak yang melakukan registrasi sehingga kita undur tiga hari sampai Selasa (15/3) mendatang," terang Ketua Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Yogyakarta yang juga Pembantu Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta, Nurfina Aznam, Senin (14/3).

Kebijakan itupun menurutnya berlaku secara nasional. Sehingga calon mahasiswa yang sudah direkomendasikan kepala sekolah memiliki kesempatan melakukan registrasi hingga Selasa mendatang. Menurutnya, berdasarkan data di Panlok Yogyakarta hingga Senin pekan kemarin diketahui sebanyak 226 dari 408 sekolah di DIY telah mengeluarkan rekomendasi kepada siswanya untuk menjadi peserta SNMPTN jalur undangan.

Sementara untuk calon mahasiswa dari DIY yang telah mendaftar mencapai 8.431 orang. "Hanya 55,4 persen sekolah yang telah mengeluarkan rekomendasi. Jumlah pendaftar dari DIY ada 8.431 orang," terangnya.

Dari jumlah tersebut 58 sekolah dengan jumlah 1.711 siswa berasal dari Kabupaten Sleman, 56 sekolah dengan 3.291 siswa dari Kota Yogyakarta, 48 sekolah dengan 1.746 siswa dari Kabupaten Bantul, dari Kabupaten Gunungkidul 37 sekolah dengan 920 siswa dan dari Kabupaten Kulonprogo sebanyak 27 sekolah dengan 763 siswa.

Humas Panlok SNMPTN Yogyakarta Lena Satlita mengatakan, akibat dari pengunduran tersebut, data pasti jumlah calon mahasiswa yang memilih untuk belajar di DIY masih belum dapat diketahui. "Kita tunggu hasil rekapitulasi setelah 15 Maret besok," tandasnya.

 

Dengan pengunduran jadwal registrasi, hingga kemarin panlok juga masih menunggu jadwal pasti dari panitia pusat untuk proses seleksi calon mahasiswa. Namun sesuai dengan target pengumuman calon diterima pada 18 Mei, seleksi harus selesai setidaknya pada April mendatang.

Sementara proses seleksi oleh PTN akan dilakukan sebanyak dua kali sesuai dengan kuota pemilihan program studi yang dimiliki oleh calon mahasiswa. Pada seleksi SNMPTN jalur undangan kali ini dengan membayar Rp175.000 setiap calon mahasiswa dapat memilih enam program studi dari dua PTN yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement