Rabu 09 Mar 2011 20:00 WIB

Sembilan Ribu Siswa 'Serbu' SNMPTN Undangan Unnes

Universitas Negeri Semarang
Universitas Negeri Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Pendaftar Universitas Negeri Semarang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMTN) jalur undangan hingga saat ini mencapai sekitar 9.000 orang. "Jumlah pendaftar SNMPTN jalur undangan memang sudah banyak, padahal masih ada SNMPTN ujian tulis dan jalur mandiri," kata Rektor Unnes, Prof. Sudijono Sastroatmodjo, di Semarang, Rabu (9/3).

Ia mengatakan, pendaftar lewat SNMPTN jalur undangan masih akan diseleksi dan disesuaikan dengan daya tampung berdasarkan kesepakatan dengan pihak senat. "Kami memang belum memutuskan berapa daya tampung dari SNMPTN jalur undangan, sebab harus mempertimbangkan pendaftar dari SNMPTN ujian tulis. Akan segera saya rapatkan," katanya.

Ia menjanjikan kuota mahasiswa baru melalui SNMPTN, baik jalur undangan maupun ujian tulis setidaknya 80-90 persen, sisanya baru akan diambilkan dari jalur masuk mandiri. Ia mengaku, pada awalnya tidak memperkirakan jumlah pendaftar SNMPTN jalur mandiri hingga sebanyak itu, bahkan ada satu fakultas yang jumlah pendaftarnya mencapai seribu orang.

"Ini (SNMPTN jalur undangan, red.) baru pertama kali diselenggarakan, karena itu saya tidak berpikir kalau jumlah pendaftar ternyata sampai sebanyak ini dan masih bisa bertambah," katanya.

Ia mengatakan, pendaftar melalui SNMPTN jalur undangan tetap akan diakomodasi sebanyak-banyaknya karena seleksinya ditentukan dari prestasi akademik siswa bersangkutan. "Berarti pendaftar SNMPTN jalur undangan siswa-siswa yang berprestasi di sekolahnya. Setiap sekolah sudah diberi kuota tersendiri untuk merekomendasikan siswanya," katanya.

Ia juga mengakui ada beberapa kendala dalam pelaksanaan SNMPTN jalur undangan seperti hari-hari awal pendaftaran belum banyak sekolah yang mendaftarkan siswanya secara dalam jaringan. "SNMPTN jalur undangan ini baru pertama kali, wajar jika ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Permasalahan ini menjadi evaluasi pelaksanaan SNMPTN jalur undangan mendatang," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat Unnes, Sucipto Hadi Purnomo, menyebutkan jumlah pendaftar Unnes melalui SNMPTN jalur undangan hingga saat ini sudah mencapai 9.274 orang. "Data tersebut kami peroleh per 9 Maret 2011 dan jumlah pendaftar dimungkinkan masih bisa bertambah hingga menjelang batas akhir pendaftaran pada 12 Maret 2011," katanya.

Jumlah pendaftar Unnes sebanyak 9.274 orang itu, katanya, memang belum ada 10 persen dari jumlah pendaftar PTN se-Indonesia melalui jalur undangan yang mencapai 145.855 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement