Rabu 09 Mar 2011 15:12 WIB

Perguruan Tinggi Indonesia Diminati Warga Malaysia

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR - Sejumlah perguruan tinggi (PT) di Indonesia diminati para pelajar Malaysia, terutama jurusan kedokteran, farmasi, dan teknik.  PT Indonesia dinilai memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan perguruan tinggi di negaranya maupun sejumlah negara lain.

"Minat pelajar Malaysia untuk sekolah di Indonesia cukup tinggi," kata Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Rusdi MA, Rabu.

Sejumlah PT yang banyak dituju oleh warga Malaysia di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Andalas (Unand).

"Contohnya di USU, banyak mahasiswa Malaysia yang kuliah di fakultas kedokteran. Begitupula dengan Andalas, jumlahnya cukup banyak. Memang pada masa gempa 2009, banyak yang pulang ke negaranya. Tapi sekarang ini, sudah kembali lagi," ungkapnya.

Di UI juga banyak mahasiswa Malaysia yang kuliah di fakultas kedokteran, sedangkan untuk jurusan teknik banyak di ITB ataupun ITS, dan untuk fakultas lain banyak yang kuliah di UGM.

Pada 2005, jumlah mahasiswa Malaysia di Indonesia 2.334, tapi pada 2009 mencapai 5.788 orang, dan 2010 (sampai Mei) jumlahnya 6.086. Rusdi menjelaskan beberapa faktor yang mendorong pelajar Malaysia melanjutkan pendidikan di Indonesia adalah kualitasnya yang bagus, biaya hidup terjangkau, kesamaan budaya dan bahasa, serta jarak kedua negara yang berdekatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement