Selasa 08 Mar 2011 18:20 WIB

UNS Coret Sekolah Manipulasi Data SNMPTN

Gerbang Kampus UNS
Gerbang Kampus UNS

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret Surakarta akan mencoret sekolah yang diketahui berbuat curang dengan memanipulasi nilai calon mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. Pembantu Rektor I UNS, Ravik Karsidi, di Solo, Selasa (8/3), menyatakan hal tersebut terkait dugaan salah satu sekolah yang melakukan manipulasi nilai untuk masuk ke perguruan tinggi lewat SNMPTN jalur undangan.

Dia mengatakan UNS sampai sekarang belum menemukan adanya dugaan manipulasi nilai tersebut, tetapi apabila ada pasti akan ditindak. "Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru lewat SNMPTN jalur undangan dilakukan dengan mesin atau komputer. Jadi secanggih-canggihnya yang melakukan manipulasi nilai pastai akan ketahuan," katanya.

Pendaftar seleksi calon mahasiswa baru lewat SNMPTN jalur undangan di UNS sudah mencapai 7.000 orang lebih dan akan ditutup 12 Maret 2011. "Saya tetap optimistis bahwa seleksi calon mahasiswa baru lewat SNMPTN jalur undangan bisa mencapai 11.000 orang, karena masih ada waktu beberapa hari lagi," katanya.

Menyinggung calon mahasiswa yang mendaftarkan lewat program beasiswa bidik misi, Ravik, mengatakan sampai sekarang sudah ada 1.200 orang atau meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 800 orang. UNS pada tahun akademik mendatang mendapat jatah 400 orang beasiswa bidik misi dari Kementerian Pendidikan Nasional, katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement