Jumat, 27 Safar 1436 / 19 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

Undip Imbau Sekolah Segera Daftar SNMPTN Undangan

Senin, 07 Maret 2011, 21:10 WIB
Komentar : 0
Undip
Undip

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof. Sudharto P. Hadi, mengimbau, sekolah segera mendaftarkan siswanya pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan. "Batas akhir pendaftaran SNMPTN jalur undangan pada 12 Maret 2011, sampai saat ini baru sekitar 4.300 calon mahasiswa yang mendaftar," katanya usai silaturahim bertema "Meningkatkan Pemahaman Nasionalisme Di Dalam Sistem Pembelajaran Sekolah dan Madrasah", di Semarang, Senin (7/3).

Ia mengatakan, jumlah pendaftar tersebut hanya untuk mereka yang mengambil pilihan di Undip. Sebenarnya, katanya, jumlah tersebut masih kurang karena baru sekitar 30-35 persen dari daya tampung Undip. Padahal, kata dia, batas akhir pendaftaran SNMPTN jalur undangan tinggal lima hari lagi.

Siswa yang berprestasi di sekolah akan kehilangan kesempatan dalam SNMPTN jalur undangan jika sekolah tidak segera mendaftarkannya. Ia mengimbau, berbagai sekolah segera mendaftarkan siswanya sesuai kuota yang ditentukan mulai dari 100 persen hingga 10 persen sesuai kategori dan akreditasi sekolah.

"Kalau untuk kendala teknis, misalnya akses internet kemungkinan besar tidak terjadi di wilayah kota besar," kata Sudharto yang juga dikenal sebagai pakar lingkungan tersebut.

Pihaknya juga menyediakan pusat pelayanan informasi terkait SNMPTN jalur undangan untuk membantu berbagai sekolah dalam melakukan proses pendaftaran. Ia menjelaskan, SNMPTN jalur undangan yang baru ada pada 2011 sebenarnya bertujuan memfasilitasi para siswa berprestasi dalam melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Data yang dikirimkan akan diverifikasi sesuai kualifikasi oleh panitia pusat, setelah itu kami dikirimi data oleh pusat sesuai program studi yang dipilih oleh pendaftar," katanya.

Pada kesempatan lain, Sekretaris Panitia SNMPTN Lokal Semarang, Wiyanto, juga mengaku baru sekitar 29,01 persen dari seluruh jumlah sekolah di Jateng yang mendaftar SNMPTN jalur undangan. "Dari sebanyak 2.684 sekolah menengah atas dan sederajat yang ada di Jateng, baru sebanyak 780 sekolah yang mendaftakan siswanya. Data itu kami peroleh per 3 Maret 2011," katanya.

Ia mengimbau, sekolah yang belum mendaftar segera melakukan proses pendaftaran hingga tuntas sebelum batas akhir pendaftaran SNMPTN jalur undangan pada 12 Maret 2011.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, apakah kami berobat?" Beliau menjawab, "Ya, wahai hamba-hamba Allah. Sesungguhnya Allah meletakkan penyakit dan diletakkan pula penyembuhannya, kecuali satu penyakit yaitu penyakit ketuaan (pikun)".((HR. Ashabussunnah))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Andien Lebih Ngepop di Album Baru
JAKARTA --  Andien meluncurkan album keenamnya, "Let It Be My Way". Di album teranyarnya ini, Andien coba menyuguhkan alunan musik yang berbeda dari...