Kamis 10 Feb 2011 14:00 WIB

Horee... Lima Ribu Sekolah di Jabar Bakal Diakreditasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat, menyatakan sekitar lima ribu sekolah dasar hingga menengah atas di Jawa Barat siap diakreditasi."Sebenarnya kami mengajukan sekitar 11 ribu tapi prediksinya yang siap diakreditasi mungkin lima ribu sekolah," kata Ketua Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat Prof. Djam'an Satori, di Bandung, Kamis (10/2).

Menurutnya, berdasarkan aturan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, akreditasi terhadap sebuah sekolah dilakukan setiap lima tahun sekali. Ia mengatakan, di Jawa Barat sendiri hingga saat ini ada sekitar 15 ribu sekolah dasar hingga menegah atas belum terakreditasi oleh Badan Akreditasi Provinsi.

Menurutnya, faktor biaya yang cukup besar menjadi salah salah satu kendala dalam proses akreditasi sekolah di Jawa Barat. "Selama ini anggaran akreditasi itu dari APBD provinsi, jadi yang siapnya akreditasinya hanya 5 ribu," ujar Djaman.

Meskipun demikian, kata Djaman, ada beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat yang menganggarkan untuk akreditasi sekolah dasar dan menegah pertama. "Untungnya kami dibantu oleh beberapa kabupatem/kota yang memiliki anggaran untuk akreditasi," kata Djaman.

Selain masalah biaya, kendala lain yang dihadapi dalam akreditasi sekolah ialah kurang jumlah asesor (petugas yang melakukan akreditasi). "Untuk bisa jadi asesor ini tidak bisa langsung tapi harus melalui tahapan dan dilatih terlebih dahulu," katanya.

Ia menambahkan, proses akreditasi sebuah sekolah sangat penting dilakukan karena jika sekolah tersebut tidak terakreditasi maka tidak dapat mengeluarkan ijazah. Pihaknya berharap, proses akreditasi sekolah di Jawa Barat tahun 2011 bisa selesai sesudah Idul Fitri tahun ini. "Mudah-mudahan setelah Lebaran tahun ini bisa selesai, akan jauh lebih baik kalau pada tahun ajaran baru sudah selesai," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement