Sabtu 20 Nov 2010 04:57 WIB

Wuih, Buku Panduan Tes CPNS Laris Manis di Tasikmalaya

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Buku panduan soal tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) laris dibeli masyarakat pelamar, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada hari terakhir pengiriman lamaran persyaratan, Jumat. Salah satunya terjadi di sekitar kantor Pos Tasikmalaya para penjual buku tersebut mengaku sebuah berkah dengan banyaknya masyarakat atau pelamar yang membeli buku panduan tes CPNS.

"Lumayan banyak yang beli sejak pembukaan lamaran CPNS 12 November lalu hingga sekarang," kata salah seorang penjual buku panduan CPNS, Jajang (39) di teras kantor Pos.

Setiap hari buku panduan CPNS, diakui Jajang terjual berkisaran antara 30 judul buku dengan harga pariasi Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu untuk satu buku. Selain buku yang dikemas cetak berwarna, kata Jajang buku panduan dicetak hitam putih atau foto kopi edisi soal terbaru tes CPNS tahun sebelumnya lumayan banyak peminatnya dengan harga jual Rp 25 ribu.

Berdasarkan pengakuan pembeli buku tes CPNS, kata Jajang sebagai pengantar, sehingga saat mengikuti pelaksanaan ujian tes tidak terlalu membingungkan serta tergambar soal yang akan diujikan nanti.

"Kalau yang beli beda-beda ada yang mau foto kopiannya, ada juga yang sudah jadi bukunya, tapi paling diminati buku yang tidak terlalu tebal," kata Jajang yang menjual buku panduan beralaskan terpal.

Sementara itu salah seorang pelamar CPNS, Sumartini, warga Kota Tasikmalaya mengatakan, buku panduan edisi soal tes CPNS tahun 2009 bermanfaat sebagai gambaran saat mengikuti ujian nanti.

Meskipun belajar dari buku panduan tersebut belum menjamin akan lolos tes CPNS, namun Sumartini memiliki keyakinan ketika saat mengisi soal tidak merasa bingung untuk menjawab seluruh soal.

"Saya sendiri saja sudah yang kedua kali ikut tes CPNS, meskipun sudah tahu bagaimana soalnya, tapi setidaknya dengan belajar lagi bisa lebih tahu," katanya yang berharap penerimaan CPNS tahun 2010 bisa lolos.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement