Senin 24 Jan 2011 15:00 WIB

Via SNMPTN, UI Jaring 80 Persen Mahasiswa Baru

Rep: C02/ Red: Djibril Muhammad
Universitas Indonesia
Foto: antara
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK - Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010, Universitas Indonesia tahun ini akan menerima 60 persen calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN, bahkan lebih. Juru bicara UI, Vishnu Juwono, mengatakan bahwa UI akan meningkatkan jumlah penerimaan dari seleksi nasional.

"Kami sudah mengitegrasikan Jalur Prestasi dan Pemerataan Belajar (JPPB) ke SNMPTN, jadi total mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN adalah sekitar 80 persen." ujarnya ketika dihubungi, Senin (24/1).

Sisanya 20 persen adalah dari Seleksi Masuk UI. Hal ini bermaksud agar calon mahasiswa yang belum berhasil masuk UI melalui seleksi nasional masih mendapatkan kesempatan untuk kembali masuk UI.

"Seleksi Masuk UI ini ditujukan bagi anak-anak yang belum berhasil masuk UI melalui seleksi nasional. Jadi setiap anak mempunyai dua kesempatan untuk dapat masuk ke UI," tambah Vishnu.

Ia juga mengatakan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti seleksi ini pun tidak jauh berbeda dengan seleksi nasional, yaitu sekitar Rp 200.000.  "Seleksi ini untuk kelas regular di UI," katanya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement