Rabu 19 Jan 2011 13:25 WIB

UNY Jaring Mahasiswa Baru Via SNMPTN & Seleksi Mandiri

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
Kampus Universitas Yogyakarta
Kampus Universitas Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 2011 ini masih akan tetap menggelar ujian seleksi mandiri (SM) untuk calon mahasiswa barunya. Selain itu UNY juga mengikuti seleksi mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Rektor UNY, Prof Rochmat Wahab PhD mengatakan, SM UNY akan digelar setelah pengumuman hasil seleksi SNMPTN.

"Kita tetap akan menggelar SM, seminggu atau sepuluh hari setelah pengumuman SNMPTN," ungkapnya, Rabu (19/1).

Menurutnya, jumlah mahasiswa baru yang akan diterima di UNY tahun 2011 ini sebanyak 6.000 orang. 60 persen diantaranya akan diambil melalui seleksi jalur SNMPTN baik ujian tulis (utul) maupun melalui undangan. Sedangkan 40 persen lainnya diambil dari ujian SM. "Akan kita bagi rata untuk seluruh program studi, kuotanya seperti itu," tuturnya.

Diakui Rochmat, pihaknya menyadari sepenuhnya jika seleksi melalui SNMPTN baik melalui utul dan undangan hanya didasarkan atas seleksi akademis semata. Padahal, kata dia, banyak anak-anak atau calon mahasiswa yang berprestasi karena bakat dan keahlian mereka.

Karena itulah untuk menampung dan memberikan kesempatan calon mahasiswa berbakat baik di bidang seni, olahraga dan bidang lainnya, pihaknya akan melakukan seleksi melalui SM tersebut. "Siswa-siswa berbakat ini akan kita seleksi melalui SM, meskipun di SM nanti juga ada seleksi berupa ujian tertulis," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement