Rabu 19 Jan 2011 09:35 WIB

Perpustakaan UGM Pengguna 'E-Journal' Tertinggi di Indonesia

Gedung pusat  kampus UGM
Gedung pusat kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merupakan pengguna database 'e-journal' (jurnal elektronik) Ebscohost tertinggi di Indonesia, kata Managing Director for Corporate and Medical Database Ebscohost Noor Ashikin Abbas. "Data statistik mencatat pengguna database 'e-journal' Ebscohost di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM) tertinggi di antara 2.800 perguruan tinggi di Indonesia," katanya di Yogyakarta, Selasa (18/1).

Menurut dia, tingkat penggunaan 'e-journal' di UGM telah sejajar dengan perguruan tinggi maju di kawasan Asia lainnya. Oleh karena itu, Ebscohost memberikan apresiasi tinggi kepada Perpustakaan UGM. "Total penelusuran 'e-journal' Indonesia sebesar 1.293.618 kali, sedangkan pengguna di UGM mencapai 1.138.507 kali pada 2010. Hal itu berarti pengakses database Ebscohost sebanyak 88 persen merupakan pengguna dari UGM," katanya.

Ia mengatakan angka tersebut merupakan kenaikan yang cukup tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana pengakses "e-journal" Ebscohost dari UGM mencapai 84,8 persen. "Perpustakaan UGM telah mampu membawa masyarakat informasi menuju era dunia digital. Hal itu menunjukkan pelayanan Perpustakaan UGM cukup membanggakan," katanya.

Kepala Perpustakaan UGM Ida Fajar Priyanto mengatakan pihaknya pada 2010 memang gencar melakukan sosialisasi pemanfaatan database 'e-journal' maupun 'e-books'. Program itu mendapat dukungan sivitas akademika UGM yang sangat tinggi. "Minat kalangan sivitas akademika itu ditunjukkan mahasiswa S3 dan S2. Mereka justru meminta pelatihan akses terhadap 'e-journal' dan 'e-books'," katanya.

Menurut dia, Perpustakaan UGM saat ini berlangganan lebih dari 24 database 'e-journal' maupun 'e-books', dan dari pemanfaatannya memang cukup tinggi. Berdasarkan catatan dari Ebscohost, pengguna Perpustakaan UGM juga mulai memanfaatkan fasilitas perpustakaan digital secara 'mobile'. Menurut Ebscohost, dalam satu bulan terakhir tercatat ada 389 penelusuran secara 'mobile'.

"Sebagai perpustakaan pertama di Indonesia yang mempelopori jaringan katalog dunia sejak November 2010, penggunaan katalog dunia Ebscohost Discovery Services dari UGM mencapai 3.317 penelusuran pada Desember 2010," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement