Rabu 19 Jan 2011 03:56 WIB

Horee! 145 Mahasiswa Sulsel Dapat Beasiswa ke Australia

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR--Pemerintah Australia menyiapkan sebanyak 145 beasiswa S1 dan S2 kepada pelajar dan mahasiswa Sulawesi Selatan untuk belajar di Negeri Kanguru tersebut. Kesempatan belajar gratis tersebut disampaikan Minister Counselor Bidang Politik dan Ekonomi Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, Michael Bliss usai melakukan pertemuan dengan Ketua DPRD Sulsel, Moh Roem di Makassar, Selasa (18/1).

Ia menyebut, beasiswa tersebut sebagai bentuk penghargaan pemerintah Australia atas kemajuan sistem politik di Indonesia dari tingkat pusat sampai daerah. "Kami sangat kagum dengan sistem demokrasi di Indonesia saat ini, sampai di tingkat provinsi dan kabupaten. Kami sudah ketemu dengan Gubernur dan Ketua DPRD Sulsel dan daerah ini sangat maju," ucapnya.

Bliss menyebut, pemerintahnya juga akan memberikan bantuan untuk pendidikan politik kepada Indonesia, untuk sistem pemerintahan demokrasi yang lebih baik lagi. Ia mengklaim Australia telah membangun 301 sekolah di Indonesia, termasuk Sulsel, dan masih akan ditingkatkan di 2011.

Australia juga menjajaki berbagai kerjasama dengan Sulsel, termasuk pembangunan jalan nasional sepanjang 140 kilo meter termasuk lintas selatan Sulsel, Jeneponto-Sinjai yang sementara dikerjakan, peternakan sapi, maupun bidang pertanian. Khusus peternakan sapi, disebutnya menjadi prioritas utama investasi Australia di Sulsel.

"Sulsel beda dengan daerah lain, pertumbuhan ekonominya cukup tinggi, Makassar adalah pintu gerbang bagian timur, kaya sumber daya alam," ujar Bliss mengemukakan sebagai pertimbangan Pemerintah Australia menjadikan Sulsel daerah investasi utama.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement