Thursday, 30 December 2010, 04:12 WIB

Alhamdulillah, 3.248 Guru Terima Tunjangan Profesi

Red: Djibril Muhammad
Guru mengajar/ilustrasi
Guru mengajar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKUKLU--Sebanyak 3.248 orang tenaga guru di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu akan menerima tunjangan dari pemerintah daerah setempat dengan nilai bervariasi. "Januari 2011 kita akan cairkan tunjangan profesi bagi guru bersertifikasi dan non sertifikasi, " kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Bengkulu, Yunirhan, Rabu (29/12).

Dana tunjangan profesi bagi guru sertifikasi pada 2006-2008 dan non sertifikasi saat ini sudah ada di kas daerah Pemerintah Kota Bengkulu dan tinggal menunggu proses administrasi dari tiap sekolah untuk menyerahkan data penerima. Ia mengatakan, tunjangan profesi akan diberikan kepada tenaga pendidik sebanyak 530 orang, tunjangan non sertifikasi 2.599 orang serta 119 guru tenaga calon pegawai negeri sipil.

Tunjangan non sertifikasi akan diterimakan senilai Rp 250 ribu per bulan untuk disalurkan kepada 2.599 orang guru untuk enam bulan, sedangkan tenaga yang masih berstatus calon pegawai negeri sipil sebanyak 119 orang akan mendapatkan untuk selama 12 bulan. Pencairan dana tunjangan tersebut tinggal menunggu kesiapan dari sekolah untuk menyampaikan data penerima tunjangan non sertifikasi, untuk tidak menghambat penyaluran itu ia mengimbau agar sekolah segera menyampaikan secepat mungkin.

"Jika sekolah lambat menyampaikan maka pencairan tunjangan akan terhambat karena data tersebut dasar dari pencairan uang negara dengan administrasi yang lengkap dan jelas," ujarnya.

Terhadap para guru calon enerima tunjangan tersebut agar menunggu proses administrasi dan pemerintah daerah sudah menyediakan waktu segera mungkin jadi jangan sampai mempunyai pandangan bahwa dana tersebut ditahan dan sengaja di lambat, imbuhnya. Ia menambhakan, tunjangan tersebut akan dikenakan potongan pajak penghasilan PPH sebesar 10 persen sesuai dengan ketentuan.


Sumber : antara
loading...