Kamis 23 Dec 2010 04:38 WIB

Harga Skripsi Mahasiswa UI Hanya Rp 250 Ribu

Rep: C21/ Red: Djibril Muhammad
Universitas Indonesia
Foto: antara
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Skripsi dan tesis mahasiswa Universitas Indonesia (UI) diperjualbelikan secara bebas di internet. Hal ini diketahui Republika dari sebuah milis organisasi mahasiswa UI, Rabu (22/12).

Dalam milis itu disebutkan, mahasiswa angkatan 2004 arsitektur menemukan web yang menjual semua skripsi mahasiswa jurusan tersebut, yang lulus di tahun 2008 lalu. Skripsi itu bahkan dijual di internet dengan harga Rp 250 ribu dalam bentuk hard copy serta Rp 375 ribu dalam keping Compact Disk (CD).

Meski belum melihat secara langsung, Kepala Kantor Sekretaris Pimpinan UI, Devi Rahmawati mengaku sudah mendengar hal ini. Namun ia menjamin hal ini tak dilakukan pihak dalam UI, pasalnya pengawasan sudah amat ketat.

Karenanya, ke depan, pihak UI akan segera mewajibkan mahasiswa untuk memfotokopi laporan akademisnya, hanya di dalam kampus. "Tidak ada lagi mahasiswa yang bisa menduplikasi skripsinya di luar, karena rawan tindak plagiat," jelasnya.

Selain itu, ia pun mengatakan jika hal ini terus terjadi, pihaknya kemungkinan akan melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib. "Tapi tentunya, langkah hukum ini akan diambil setelah pembicaraan bersama terlebih dahulu," ujarnya.

Devi mengaku, penjualan skripsi dan tesis di internet tak hanya menimpa UI, tapi juga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Pola pikir masyarakat yang lebih mengagungkan hasil dibanding proses menjadi penyebab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement