Ahad 28 Nov 2010 01:31 WIB

Sebanyak 34 Perusahaan Ikuti Bursa Kerja IPB

Rep: c21/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar bursa kerja (job fair) 2010. Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari, mulai Sabtu (27/11) hingga Ahad (28/11).

Menurut Direktur Career Development and Alumni Affairs (CDA) IPB, Dodik Ridho Nurrochmat, bursa kerja ini bertujuan memfasilitasi para pencari kerja, khususnya alumni perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan. '' Selain itu, kegiatan ini juga memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan sumber daya manusai (SDM) yang diperlukan,'' katanya p di Kampus Dramaga, IPB, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bursa kerja IPB diikuti 34 perusahaan. Mereka antara lain bergerak di bidang pertanian dan perkebunan, perbankan dan keuangan, pendidikan, serta industri.

Dodik berharap kegiatan ini akan mampu mengurangi tingkat pengangguran. ''Apalagi kami perkirakan sebesar tiga ribu orang akan hadir ke acara ini,'' ujarnya lagi.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), di tahun 2009 tingkat pengangguran terbuka mencapai 8,14 persen dari total angkatan kerja atau sebanyak 9,26 juta orang. Sedangkan jumlah pengangguran dari kalangan perguruan tinggi dari tahun ke tahun relatif meningkat.

Para mahasiswa umumnya tertarik mengunjungi bursa kerja ini. Emta Surbakti (22 tahun), salah satu mahasiswa, mengaku kegiatan bursa kerja sangat bermanfaat.

Hal senada juga diutarakan, Putu Dewi (23). Lulusan komunikasi IPB ini berharap segera bisa mendapatkan kerja di bidang perbankan melalui bursa kerja ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement