Selasa 12 Oct 2010 04:39 WIB

ASEAN University akan Akreditasi Fakultas Teknik UI

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--ASEAN University Network (AUN) akan melakukan proses akreditasi terhadap Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) yang meliputi Program Studi Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Metalurgi dan Material serta Arsitektur. "Proses akreditas akan berlangsung 12-13 Oktober 2010 di kampus FTUI Depok," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Senin.

Vishnu menjelaskan proses assessment meliputi sesi diskusi dengan pihak pimpinan departemen, fakultas dan universitas serta sesi diskusi dengan staf pengajar, mahasiswa, supporting staff, alumni dan karyawan. Para peninjau tersebut berasal dari universitas-universitas di ASEAN, dimana setiap universitas mengirimkan 2-3 orang Asesor. Proses assessment akan terdiri dari tujuh penilaian.

Menurut Vishnu mengatakan UI telah mendapatkan Akreditasi tingkat Institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT dengan Nilai A. Dikatakannya untuk meningkat ke jenjang yang lebih tinggi, UI harus terakreditasi secara Internasional dan sebagai langkah awal adalah Akreditasi di Tingkat ASEAN.

Lebih lanjut ia mengatakan AUN Quality Assurance Assesment ditujukan untuk menyamakan mutu proses pendidikan di Asia Tenggara. Assessment yang dilakukan lebih menitikberatkan kepada ?proses apakah berjalan dengan benar? dan Proses Assesment ditujukan agar menyadari posisi kita serta arah (realizing where we are, and where we go).

Kriteria yang ada di AUN-QA disusun dengan merefer ke standar International. Apabila UI mampu mencapai Standar yang ada di AUN-QA, berarti proses pendidikan yang berjalan di UI telah sesuai dengan

standar international. Program assessment yang dilakukan oleh AUN akan bermanfaat bagi UI seperti memudahkan proses ?credit transfer? antar Universitas di ASEAN dan memudahkan proses kerjasama (double degree, student exchange) antara Universitas di ASEAN serta mengetahui posisi UI diantara universitas di ASEAN.

Sebelumnya, pada tahun 2008, FTUI telah diakreditasi secara internasional untuk program studi Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Berdasarkan QS World University Ranking, peringkat UI yang diterbitkan pada September 2010 menempatkan UI pada posisi universitas terbaik diIndonesia.

Di era globalisasi yang sangat kompetitif ini, penjaminan mutu pendidikan internasional merupakan keharusan bagi perguruan-perguruan tinggi berkualitas di Asia serta Asia Tenggara. "Untuk itu, melalui akreditasi internasional ini UI berharap dapat menjadi perguruan tinggi berkualitas internasional yang dapat mengharumkan nama bangsa di dunia," katanya.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement