Sabtu 02 Oct 2010 04:45 WIB

Mahasiswa Dituntut Bangun Peradaban Kampus

Rep: Annisa Mutia / Red: Endro Yuwanto
Kampus UI
Foto: Musiron/Republika
Kampus UI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mahasiswa jangan hanya sibuk belajar di jam kuliah. Tapi perlu aktif dalam menyongsong peradaban kampus.

Hal itu dikatakan Ketua Kongres Mahasiswa Universitas INdonesia periode 2010-2011, Panden M Noor, dalam seminar Pergerakan mahasiswa di Jakarta, Rabu (29/9) seperti dikutip dari UINonline.

Panden mengatakan, mahasiswa merupakan agen perubahan yang selalu kritis terhadap berbagai dinamika persoalan termasuk persoalan di negara ini. Sebagai contoh, kasus HAM, korupsi dan sebagainya. “Mahasiswa komponen yang tak bisa di lepaskan dari maju atau mundurnya kampus, bahkan bangsa ini. Mahasiswa sebagai agen perubahan,” tegasnya.

Panden juga mengatakan, ideologi peradaban kampus sama dengan ideologi negara yaitu sesuai Pancasila. Namun nampaknya ideologi tersebut masih belum dijalankan secara baik oleh mahasiswa karena pengaruh globalisasi.

''Oleh karena itu, saya berharap supaya para mahasiswa serius untuk aktif dalam pergerakan kampus,'' tutur Panden. Sebab, tanpa pergerakan mahasiswa kampus seolah-olah hilang peradabannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement