Kamis 30 Sep 2010 02:27 WIB

Lomba TIK Mahasiswa Tingkat Nasional Kembali Digelar

Rep: Annisa Mutia/ Red: Endro Yuwanto
Ujicoba layanan internet di PLIK
Foto: lintasarta
Ujicoba layanan internet di PLIK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Lomba Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional Bidang TIK (geMasTIK) ke-3/2010 kembali digelar. Kali ini, sebanyak 30 perguruan tinggi (PT) terdiri atas 400 mahasiswa masuk putaran final.

“Kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa Indonesia untuk berkompetisi dan mengekspresikan daya inovasi dan kreativitas di bidang TIK,” ujar Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas, Suryo Hapsoro Tri Utomo, di Kantor Kemdiknas, Rabu (29/9).

Suryo mengatakan, jumlah pendaftar kegiatan ini meningkat dari tahun ke tahun. Dia menyebutkan, pada 2008 jumlah pendaftar sebanyak 2090, pada 2009 meningkat 2675 mahasiswa, dan pada 2010 sebanyak 4.268 mahasiswa. "Kami bisa lihat besarnya minat dan antusiasme mahasiswa di bidang TIK," katanya.

Babak final akan diselenggarakan secara onsite di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada 5-8 Oktober 2010. Ada delapan PT di luar Pulau Jawa dan 22 PT di dalam pulau Jawa yang masuk ke babak final. ''Di penyelenggaraan tahun-tahun mendatang kami usahakan undang tamu dari luar negeri,” jelasnya.

Pembantu Rektor III ITS Suasmoro menyampaikan, kategori lomba meliputi aplikasi, desain web, karya tulis TIK, keamanan jaringan, pemrograman, pengembangan permainan, penggalian data, permainan bisnis, dan piranti cerdas. Pada penyelenggaraan 2010, kata dia, ada tambahan satu lomba yaitu desain web. Jumlah pendaftarnya 734 peminat, nomor dua setelah pemrograman yang mencapai 876 pendaftar.

Setiap juara pada masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah uang. Untuk juara I Rp 10 juta, juara II Rp 7,5 juta, dan juara III Rp 5 juta. “Hasil karya mereka dipamerkan atau memberikan demo hasil karya sehingga masyarakat luas tahu pekerjaan mahasiswa itu,” kata Suasmoro.

Suasmoro menambahkan, kegiatan pendukung acara ini meliputi Seminar TIK pada 7 Oktober 2010, sarasehan TIK 6 Oktober 2010, dan Pameran TIK 6-7 Oktober 2010 di Gedung Robotika ITS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement