Senin 27 Sep 2010 01:31 WIB

Kenal Sosok UT dari Dekat, 585 Mahasiswa UT Ikuti Disporseni

Kampus UT
Kampus UT

REPUBLIKA.CO.ID, PONDOK CABE--Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati, Sabtu (25/9), membuka Diskusi Ilmiah Pekan Olah Raga dan Seni (Disporseni) Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Wilayah Tengah. Kegiatan ini diikuti 585 mahasiswa UT dari 15 UPBJJ Wilayah Tengah, yang meliputi Wilayah Jawa (11 UPBJJ) dan Kalimantan (4 UPBJJ).

Hadir dalam acara pembukaan, Kasubdit Publikasi Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, Yudi Agustono, para pembantu Rektor UT dan para pejabat UT beserta Kepala UPBJJ-UT Wilayah Tengah.

Kepada para peserta, Tian Belawati menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Disporseni adalah sebagai ajang pengembangan bakat, minat dan penalaran mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangun silaturahmi dan kedekatan mahasiswa UT sebagai penyelenggara dan mengenal sosok UT dari dekat. Ini mengingat hanya sebagian kecil saja mahasiswa yang berpeluang mengenal Kantor UT Pusat.

Tujuan lainnya, kata Tian, untuk membangun pemahaman yang lebih pada mahasiswa UT mengenai hakikat Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ). “Disporseni ini akan membangun solidaritas antar mahasiswa UT, dengan berkumpulnya mereka di kantor pusat, jadi merasakan bahwa mereka bagian dari suatu sistem pendidikan nasional,” kata Tian.

Peserta Disporseni adalah mahasiswa aktif UT (sebagai peserta lomba) yang didampingi oleh pengurus kontingen dan ofisial lomba (pegawai UPBJJ), alumni, mahasiswa, dan mitra kerja. Kegiatan akan berlangsung selama lima hari, 25-29 September 2010, dengan mempertandingkan 13 cabang perlombaan yang dibagi menjadi tiga bidang, yaitu cabang diskusi ilmiah (cerdas cermat, kepewartaan, pidato dan diskusi), tiga cabang bidang seni (tari, Vokal dan senam beregu/poco-poco) dan enam bidang bidang olah raga (bola volley, futsal, bulu tangkis, tenis lapangan, dan tenis meja serta catur).

Pembantu Rektor III UT Hasmonel menambahkan bahwa Disporseni ini sudah berlangsung sejak 1990 untuk tingkat nasional. Kemudian sejak 2000 Disporseni sudah berlangsung pada tingkat wilayah.

sumber : kominfo-newsroom
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement