Selasa 24 Aug 2010 02:54 WIB

10 Orang Daftarkan Diri Jadi Bakal Calon Rektor UNS

Rep: My1/ Red: Siwi Tri Puji B
.
Foto: .
.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO—Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) segera melakukan pemilihan calon pimpinan universitas mengingat berakhirnya masa jabatan kedua, Syamsulhadi sebagai rektor pada 11 April 2011 mendatang. Panitia Persiapan Pemilihan Calon Pimpinan Universitas (P3CPU) telah membuka pendaftaran bakal calon rektor UNS dan hingga penutupan pada Sabtu (21/8) lalu telah menjaring 10 pendaftar.

Menurut Rektor UNS, Syamsulhadi, dari 1.600 dosen tetap UNS sebenarnya terdapat 112 dosen yang memenuhi kriteria calon rektor. Dijelaskannya, calon rektor tersebut harus berpendidikan doktor (Strata 3), memiliki jabatan fungsional minimal lektor kepala, dan saat pelaksanaan pemilihan berusia maksimal 61 tahun kurang enam bulan. “Sampai penutupan pendaftaran yang daftar hanya 10. Mungkin yang siap hanya itu meskipun kita punya banyak dosen yang memenuhi syarat calon rektor, “ ujarnya di kampus UNS, Senin (23/8).

Kesepuluh pendaftar tersebut yakni, Dr Djoko Santoso ThMPd, Prof Dr H Furqon Hidayatullah, Prof Dr H Andrik Purwasito, Dr Ir Mamok Soeprapto, Dr Laksmi Riani, Prof Drs Suranto, Prof Dr H Ravik Karsidi, Dr Peduk Rintayati, Prof Dr H Adi Sulistiyono, dan Prof Dr Ir Sholahuddin.

Pendaftar bakal calon rektor tersebut selanjutnya dijadwalkan mengkuti proses validasi atau penjaringan pada 23-31 Agustus mendatang. Dalam proses tersebut, warga UNS diminta untuk memberi catatan khusus kepada setiap pendaftar. “Kita akan jaring, apa ada catatan khusus dari warga kampus yang dapat membatalkan pencalonan," ujar Ketua P3CPU, Joko Nurkamto.

Dalam proses penjaringan tersebut, akan diambil sembilan calon dengan perolehan suara terbanyak. Setiap calon tersebut memperebutkan suara dari warga UNS yang terdiri 900 karyawan, 1.600 dosen, dan 30 ribu mahasiswa UNS. “Kampanye bagi para calon dijadwalkan dua kali yakni dengan warga kampus yang akan dibuat dalam bentuk panelis dan kedua dengan dengan anggota senat UNS, “ jelas Joko.

Pemilihan rektor selanjutnya akan melalui tiga tahap yakni tahap pertama memilih lima orang bakal calon rektor hasil tahap penjaringan. Kemudian tahap dua memilih tiga calon rektor dari lima orang tersebut. Pada tahap ketiga atau terakhir, akan ditentukan peringkat calon rektor pemilihan tahap dua dengan system suara terbanyak. Hasil pemilihan calon rektor akan disampaikan kepada Menteri Pendidikan Nasional pada 11 Oktober 2010 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement