Kamis 29 Jul 2010 23:27 WIB

Kemendiknas Pastikan SMP Terbuka Setara dengan SMP Reguler

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sekolah Menengah Pertama (SMP) Terbuka sebagai subsistem pendidikan formal adalah setara dengan SMP reguler pada umumnya. Menggunakan prinsip belajar mandiri, SMP Terbuka bertujuan memberikan kesempatan belajar yang lebih luas kepada lulusan SD/MI yang tidak dapat mengikuti pendidikan di SMP reguler karena berbagai hambatan.

"Kami tidak lagi memandang bahwa siswa SMP Terbuka adalah lebih rendah dari SMP normal atau biasa. Justru dengan SMP Terbuka ini secara otomatis membuka harkat dan martabat adik-adik semua menjadi sama," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Bambang Indriyanto, usai menutup Lomba Motivasi Belajar Mandiri (LOMOJARI) 2010 bidang keterampilan untuk siswa SMP Terbuka di Plaza Insan Berprestasi, Kemdiknas,  Rabu malam (28/7) .

LOMOJARI bidang keterampilan diselenggarakan Kemdiknas setiap tahunnya untuk mensosialisasikan SMP Terbuka. Sebanyak 45 stan dari 21 provinsi, mulai 26-28 Juli 2010, memamerkan karya keterampilan siswa SMP Terbuka . Di akhir pameran, produk itu dapat dibeli oleh masyarakat umum.

Adapun rumpun keterampilan LOMOJARI meliputi kriya tekstil, kriya kayu dan anyaman, tata boga, kerajinan, serta busana.

Bambang mengatakan, arti terbuka pada SMP Terbuka memiliki makna tidak hanya terbuka sistemnya saja dalam kegiatan belajar, tetapi juga dalam arti kesempatan. "Adik-adik terbuka untuk jadi juara, unjuk prestasi, dan Insya Allah nanti terbuka berwiraswasta, " pesannya kepada para peserta lomba.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, SMP Terbuka mempunyai dua misi yaitu pedagogis dan kemanusiaan. Misi pedagogis, kata dia, adalah menginginkan siswa SMP Terbuka memiliki kemampuan akademik dan keterampilan untuk mendukung kehidupan ketika dewasa. Sementara misi kemanusiaan dimaksudkan siswa SMP Terbuka memiliki harkat dan martabat sama dengan sissa SMP lainnya.

sumber : kemdiknas.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement