Jumat 25 Jun 2010 01:05 WIB

Mahasiswa Unpad Rilis Buku 1001 Fakta Unik Laut

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Mahasiswa ilmu kelautan Unpad membuat buku berjudul "1001 Fakta Unik Laut" yang merupakan hasil kompilasi tulisan para mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad angkatan 2008 dengan bimbingan dosen Noir Primadona Purba.

Noir Primadona Purba, seperti dikutip laman Unpad.ac.id, Kamis (24/6), mengatakan buku itu disusun berdasarkan tantangannya terhadap mahasiswa dalam mata kuliah oseanografi untuk membuat semacam buku yang menjawab berbagai pertanyaan masyarakat awam berkenaan dengan fenomena di laut.

Menurut Noir, ia berharap mahasiswa dapat menghasilkan suatu produk, baik berupa buku, film, instrumen, maupun alat penelitian.

Selama satu bulan proses pengerjaan buku itu, Noir dibantu 70 mahasiswa dan dua dosen yang bertugas sebagai kontributor. Tema pertanyaan yang diangkat pada buku itu antara lain berhubungan dengan fisika laut, biologi laut, dan oseanografi.

Satrio dan Christon, mahasiswa yang mendapat tugas mengedit dan menata tampilan buku itu mengatakan, proses penyusunan buku dikerjakan di sela-sela kuliah dan ujian akhir semester.

Secara teknis mahasiswa yang diberi pertanyaan kemudian diminta mencari jawabannya dari berbagai sumber yang kemudian diperiksa dan disunting ulang oleh dosen.

Satrio mengatakan menemui banyak kesulitan selama proses penyusunan bukuitu. Menurut dia, waktu penyusunan buku ini sempit karena dikerjakan di sela-sela tugas kuliah yang cukup banyak dan persiapan ujian akhir semester.

Buku itu rencananya akan diperbanyak dan dibagikan gratis kepada perpustakaan SMP, SMA dan instansi terkait untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang berbagai fenomena di laut.

Walaupun buku itu berjudul "1001 Fakta Unik Laut", rupanya jumlahnya tidak mencapai 1001. Noir menjelaskan bahwa buku edisi pertama itu rencananya memang akan dilanjutkan mahasiswa jurusan yang sama angkatan berikutnya dalam edisi-edisi selanjutnya hingga mencapai 1001.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement