Minggu, 1 Safar 1436 / 23 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Prestasi Matematika Pelajar SD Indonesia Diperhitungkan Dunia

Kamis, 27 Mei 2010, 22:55 WIB
Komentar : 0
Matematika mudah/ilustrasi
Matematika mudah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Peringkat dan prestasi pelajar Indonesia dalam penguasaan materi pelajaran matematika, masuk peringkat dua se-ASEAN, setelah Singapura. Ini sungguh menggembirakan, bahkan dalam beberapa kegiatan di ajang dunia Indonesia mampu mengungguli negara Singapura

Direktur Pembinaan TK/SD Kemendiknas, Mudjito AK, dalam '2nd Asian Math Summer Camp', Rabu malam (26/5), menyatakan, Indonesia adalah negara yang disegani di bidang matematika, tidak hanya di Asia tapi juga di tingkat dunia. Di beberapa kompetisi di tingkat dunia Indonesia memang kerap menjadi juaranya.

Mengenai pembelajaran matematika yang terkesan menyeramkan dan menakutkan siswa, menurut Mudjito, kini tidak zaman lagi. Hal ini tantangan bagi guru dan pendidikan guru, khususnya pendidikan guru matematika dan sejenisnya. ''Sekarang ini guru harus bisa memberikan pelajaran matematika yang menyenangkan bagi siswanya sehingga mata pelajaran matematika ini, tidak menakutkan seperti momok selama ini bagi siswa,'' jelasnya.

Dari pengalaman Mudjito selama ini mengajarkan matematika kepada peserta didiknya, anak asuhannya dan peserta calon tim olimpiade matematika Indonesia, siswanya dapat mengikuti pelajaran matematika dengan enjoy.

''Belajar matematika itu tidak hanya berhitung, memecahkan soal-soal matematika yang kita kenal selama ini. Namun bagaimana memberikan pemahaman kepada siswa bagaimana memecahkan persoalan yang ada di sekitar kita. Jadi, belajar matematika itu tidak melulu seperti yang kita kenal selama ini,'' tegas Mudjito.

Mudjito menambahkan, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah yang kedua dari penyelenggaraan 'Asian Math Summer Camp', sedangkan yang pertama berlangsung di Filipina pada tahun 2009 yang lalu. ''Jadi nantinya tiap negara bergilir menjadi tuan rumahnya,'' jelasnya.

Redaktur : Endro Yuwanto
Sumber : viruscerdas.com
Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW Islam manakah yang paling baik? Rasulullah bersabda: Memberikan makanan, mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menanti Janji Jokowi Soal Perdamaian Palestina
 JAKARTA -- Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis mengatakan umat muslim di Indonesia bisa ikut mendesak pemerintah agar lebih...