Rabu 12 May 2010 02:19 WIB

Kemendiknas Kembali Gelar Lomba Kompetensi Siswa SMK

Rep: Anissa Mutia/ Red: Endro Yuwanto
Salah satu kegiatan di LKS SMK.
Salah satu kegiatan di LKS SMK.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan menyelenggarakan Lomba Kompetensi siswa (LKS) Nasional XVIII Tahun 2010. Lomba kompetensi siswa tersebut akan diselenggarakan pada 14 sampai 16 Mei 2010 di Pekan Raya Jakarta dengan memperlombakan 50 bidang lomba.

“LKS ini diselenggarakan untuk mengankat citra SMK melalui unjuk kemampuan dan pengukuran puncak-puncak prestasi keterampilan siswa SMK,” ujar Direktur SMK, Joko Sutrisno, Selasa (11/5).

Selain itu, lanjut Joko, penyelenggaraan LKS ini juga dimaksudkan sebagai sarana promosi potensi siswa SMK kepada dunia usaha dan industri. Joko mengatakan ada 13 industri atau peruhaan yang sudah memastikan akan menjadi pendukung dalam penyelenggaraan LKS SMK.

“Industri kita undang untuk lihat ini loh kompetensi anak SMK, dan tanggapan industri bagus, bahkan ada yang memberikan tawaran kepada siswa untuk beri beasiswa atau ambil untuk bekerja. Selain itu, industri juga bekerja sama dengan siswa SMK untuk penyelarasan akademik dengan dunia usaha, membantu memberikan pelatihan atau bagi teknologi kepada siswa SMK,” papar joko.

Melalui LKS ini, siswa SMK bisa menunjukkan hasil karya mereka sebagai nilai bargain kepada industri. Bukan itu saja, kata Joko, LKS ini juga ditujukan sebagai alat seleksi bagi siswa SMK yang berpotensi mewakili Indonesia ke kompetensi tingkat internasional. Hal itu ditandai dengan materi LKS yang disamakan dengan tingkat internasional.

Peserta LKS SMK tingkat nasional tersebut diikuti oleh siswa SMK terbaik yang berasal dari seluruh Indonesia. Peserta perorangan atau beregu harus sudah lulus seleksi di tingkat kabupaten/provinsi dan aktif pada tahun ajaran 2009/2010. “Selain itu, peserta belum pernah menjadi juara 1,2,3, dan harapan 1 dan 2 LKS SMK tingkat nasional sebelumnya,” terang Joko.

Peserta lomba yang akan mengikuti LKS tingkat Nasional XVIII 2010 itu, ucap Joko, akan diikuti 1700 peserta, pendamping sebanyak 1500 orang, juri sebanyak 200, dan panitia sebanyak 100 orang. “Pemenang I, II, III, Harapan I dan II akan mendapat medali, dana pembinaan siswa, modal kerja, atau peralatan tangan. Juara Umum LKS SMK memperoleh juara bergilir dari Mendiknas dan semua peserta memperoleh sertifikat keikutsertaan LKS SMK,” katan Joko

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement