Jumat 07 May 2010 08:13 WIB

Siswa Kurang Pede, Kelulusan UN SMP di Bandung Turun 0,85 Persen

Rep: mj05/ Red: Endro Yuwanto
Suasana UN di sebuah sekolah.
Suasana UN di sebuah sekolah.

BANDUNG--Tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada ujian nasional (UN) tahun 2010 di Kota Bandung menurun hingga 0,85 persen. Tahun sebelumnya, tingkat kelulusan siswa SMP mencapai 99 persen, namun pada tahun ini hanya mencapai 98,15 persen.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (PSMP) Dinas Pendidikan Kota Bandung, Dede Amar, turunnya tingkat kelulusan tahun ini tidak hanya dialami di Kota Bandung tetapi juga secara nasional. Ada beberapa faktor yang menurutnya memengaruhi penurunan tingkat kelulusan tahun ini. Salah satunya adalah siswa tidak merasa percaya diri dengan kemampuannya.

''Siswa lebih percaya kunci jawaban yang beredar dibandingkan kemampuan mereka,'' ujar Dede kepada Republika, Kamis (6/5).

Padahal, kata Dede, pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Bandung sebelumnya telah memeringati para siswa yang memeroleh kunci jawaban bahwa kunci jawaban itu palsu. Untuk jumlah pasti siswa yang gagal, Dede menolak untuk menyebutkannya. Ia hanya memberikan kepastian mengenai turunnya tingkat kelulusan SMP pada tahun ini. Yang jelas, jumlah siswa yang mengikuti UN sebanyak 34.882 orang.

Disebutkan Dede, pada UN tahun ini, jumlah siswa yang mengikuti ujian susulan sebanyak 631 siswa tersebar di berbagai sekolah di Jawa Barat. Untuk pengumuman kelulusan UN siswa SMP sedianya akan dilakukan pada Jumat (7/5). Bagi siswa yang gagal UN dipersilakan mengikuti ujian ulangan pada 17 – 19 Mei mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement