Jumat 09 Apr 2010 04:25 WIB

Kemendiknas Adakan Dua Studi Kewirausahaan

Kemendiknas
Kemendiknas

JAKARTA--Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Ka Puslitjaknov Balitbang) Kemendiknas, Burhanuddin Tola menyampaikan, Puslitjaknov akan mengadakan dua studi tentang pendidikan kewirausahaan.

Pertama, kata Burhan, adalah penelitian cepat (rapid study) pendidikan kewirausahaan pada pendidikan dasar dan menengah. Kedua, lanjut dia, adalah analisa kebijakan pendidikan kewirausahaan pada pendidikan tinggi. "Dengan studi ini kita bisa melihat gambaran kondisi pendidikan kewirausahaan, " katanya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (8/4).

Sementara itu, Anggota tim studi kewirausahaan, Agung Purwadi menyampaikan, studi pertama akan menitikberatkan pada nuansa pengenalan dan pemahaman siswa tentang kewirausahaan. Dia menyebutkan, lingkup usulan meliputi materi pendidikan, strategi pembelajaran, karakteristik masukan instrumental (guru, sarana, lingkungan pembelajaran) , kerja sama dunia usaha dan sekolah, pengelolaan, serta sosialisasi.

"Tujuannya adalah untuk menyusun usulan kebijakan tentang pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di SD, SMP, dan SMA," jelas Agung.

Lebih lanjut Agung mengatakan, pada pendidikan tinggi program pendidikan kewirausahaan telah dilaksanakan secara nasional sejak 1997. Dia menyebutkan, ada enam bentuk program, yakni kuliah kewirausahaan, kuliah kerja usaha, magang kewirausahaan, inkubator wirausaha baru, konsultasi bisnis dan penempatan kerja, serta sinergi bisnis-intelektual- pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement