Sabtu , 13 Oktober 2012, 14:09 WIB

FT UII Gelar Cerdas Cermat Teknologi Informasi

Rep: heri purwata/ Red: Taufik Rachman
UII
UII

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sebanyak 45 Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi mengikuti Lomba Cerdas Cermat Teknologi Informasi (LCCTI) yang digelar Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UII Yogyakarta. Sembilan di antaranya masuk babak final yang digelar di Kampus FTI UII Yogyakarta, Sabtu (13/10).

Dijelaskan Sekretaris Jurusan TI, Affan Mahtarami, sembilan SMA yang masuk semifinal adalah SMA 3 Semarang, SMAN 1 Sewon, Bantul; SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT, SMK Telekomunikasi Darul Ulum Jombang, SMA Negeri 2 Bekasi, SMA Darul Ulum 2 Jombang, SMA Negeri 1 Magelang, SMK Negeri 2 Yogyakarta, dan SMAN 1 Bantul. "Sembilan SMA diadu nanti dipilih tiga tim untuk maju babak final," kata Affan kepada wartawan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (13/10).

Sebelumnya, ada 45 SMA yang mendaftarkan diri mengikuti lomba ini, namun setelah diseleksi tinggal sembilan tim yang maju ke semifinal. Di babak final diambil tiga tim untuk memperebutkan juara satu, dua dan tiga.

"Hadiah uang yang kita sediakan, juara 1 Rp 6 juta, juara 2 Rp 4,5 juta, dan juara 3 Rp 3 juta. Selain uang juga ada tropi," kata Affan sambil menambahkan lomba cerdas cermat telah diganti nama 'Informatics League.'

Selain Informatics League, juga digelar Informatics Olympiad dan Lomba Desain Web dan Fotografi. Informatics Olympiad diikuti sebanyak 25 peserta dari berbagai SMA di Indonesia.

Sedang Lomba Desain Web dan Fotografi diikuti lima finalis yaitu SMK Negeri 2 Yogyakarta, SMKN 1 Banyuwangi, SMAN 1 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 9 Jakarta Selatan, dan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

"Tujuan lomba ini untuk memperingati Milad Jurusan TI ke 18. Selain itu juga untuk memasyarakatkan teknologi informasi," katanya