Sabtu 29 Sep 2012 00:16 WIB

UAD Yogyakarta Terima 76 Mahasiswa Asing

Kampus Universitas Ahmad Dahlan
Foto: .
Kampus Universitas Ahmad Dahlan

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menerima sebanyak 76 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai negara pada tahun ajaran 2012-2013.

"Mahasiswa asing sebanyak itu tersebar di berbagai program studi," kata Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kasiyarno pada "Malam Penyambutan Mahasiswa Baru Asing", di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia program studi itu antara lain Ekonomi Pembangunan sebanyak 23 mahasiswa asing, Sastra Indonesia (11), Bahasa dan Sastra Arab (13), Darmasiswa (15), Pendidikan Bahasa Inggris (3), Sastra Inggris (2), BIPA (3), Psikologi (1), dan Teknik (1).

"Mahasiswa yang berasal dari China sebanyak 35 orang, India (2), Thailand (7), Malaysia (11), Inggris (1), Belgia (1), Spanyol (1), dan Mesir (1)," katanya.

Ia mengatakan dengan hadirnya mahasiswa asing baru tersebut, jumlah mahasiswa asing yang belajar di UAD hingga tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 100 orang.

"Mahasiswa asing yang telah kuliah di UAD berasal dari Belanda, Korea Selatan, Timor Leste, Jepang, Polandia, Filipina, China, India, Thailand, Malaysia, Inggris, Belgia, Spanyol, dan Mesir," kata Kasiyarno.

Ketua Panitia "Malam Penyambutan Mahasiswa Baru Asing", Intan Rawit Sapanti mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk menyambut secara resmi mahasiswa asing tahun ajaran 2012-2013.

Menurut dia acara tersebut diawali alunan gamelan oleh Gending Bahana, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan Paduan Suara Darmasiswa, pentas Tari Ngarojeng oleh Komunitas Tari UAD, lantunan nasyid oleh Mus-AB Buane.

"Selanjutnya dimeriahkan alunan biola oleh Raquel Cabello yang membawakan dua komposisi klasik dan jazz, nyanyian 'Kuch Kuch Hota He' yang dibawakan Herojit Moirangthem dari India," kata Intan.

Mahasiswa baru UAD dari China, Chen Chen Cristina mengatakan dirinya senang dan beruntung bisa kuliah di UAD. Sebelumnya, dirinya selama satu tahun telah menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

"Saya sangat terkesan dengan keramahan masyarakat, pemandangan yang indah, dan kebudayaan yang unik dan menarik. Oleh karena itu, saya ingin melanjutkan menuntut ilmu dan menikmati lebih lanjut kehidupan di Indonesia," katanya.

Menurut dia dirinya akan belajar secara serius di UAD agar dapat memperoleh ilmu sesuai dengan harapan. Dirinya juga akan menyesuaikan kehidupan dengan lingkungan setempat. "Saya akan belajar secara sungguh-sungguh untuk meraih cita-cita," katanya.

Penyambutan mahasiswa asing baru itu ditandai dengan penyematan almamater oleh Rektor UAD kepada perwakilan mahasiswa asing.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement