Jumat 28 Sep 2012 07:20 WIB

Kurikulum Baru Pangkas Sejumlah Mata Pelajaran

Anak sekolah (ilustrasi)
Anak sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurikulum baru pendidikan nasional yang tengah dipersiapkan pemerintah bersama tim penyusun nantinya akan memangkas jumlah mata pelajaran menjadi lebih sedikit. Sehingga, hal tersebut akan meringankan peserta didik.

''Pendidikan karakter akan lebih banyak dipelajari siswa di tingkat sekolah dasar dimulai sejak dini. Semakin tinggi jenjangnya, pelajaran terkait pendidikan karakter berkurang dan diganti dengan pelajaran keilmuan," kata Wamendikbud bidang Pendidikan, Musliar Kasim, seperti dikutip Antara.

Musliar menambahkan perubahan kurikulum tersebut merupakan program besar Kemdikbud dimulai sejak tahun 2010. Sementara Wamendikbud bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, mengatakan kurikulum yang sedang dalam penyusunan tersebut diharapkan akan memberikan perubahan pada model pembelajaran. Model yang akan memberikan ruang gerak bagi siswa untuk berekspresi seluas-luasnya.

"Pembangunan karakter sebagai sentral dari pendidikan nasional akan disinergikan dengan kebudayaan untuk menyebarkan virus pembangunan karakter,'' kata Wiendu.

Targetnya bukan hanya peserta didik. Tetapi, target lainnya adalah guru dan masyarakat luas yang diwakili oleh komunitas-komunitas seperti seniman dan budayawan dan sebagainya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement