Rabu 26 Sep 2012 21:44 WIB

Mendikbud: PAUD akan Didirikan di Semua Tempat Ibadah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan pihaknya sepakat untuk membangun sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lingkungan tempat ibadah. Untuk tahap awal, Kemendikbu dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) sepakat membangun PAUD di lingkungan masjid.

Usulan kerjasama itu, kata Nuh, sejalan dengan program Kemendikbud untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) masyarakat terhadap pendidikan hingga 75 persen pada 2015. (baca: PAUD akan Dibangun di Lingkungan Masjid).

"Ke depannya, tidak hanya masjid, tapi juga semua tempat ibadah akan kami ajak peran sertanya untuk menumbuhkan sekolah PAUD di lingkungannya," kata Nuh di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Rabu (26/9).

Menurut menteri 53 tahun itu, sekolah PAUD berbasis tempat ibadah sangat fleksibel dalam waktu, dekat dengan lingkungan masyarakat dan dapat menyerap lulusan nonsarjana sebagai tutor.

"Tutor PAUD tidak harus memiliki S1 atau D4 seperti guru sekolah, tapi bisa lulusan SMA, D1 atau D2 sehingga tentu dapat menyerap tenaga kerja dari lulusan tingkat tersebut," kata mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement