Rabu 26 Sep 2012 21:37 WIB

PAUD akan Dibangun di Lingkungan Masjid

Siswa PAUD tengah mengikuti belajar shalat tarawih bersama di Masjid Istiqlal Jakarta.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Siswa PAUD tengah mengikuti belajar shalat tarawih bersama di Masjid Istiqlal Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyepakati kerja sama dalam pembangunan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lingkungan masjid.

Kerja sama tersebut merupakan kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (JK) dan Mendikbud, Mohammad Nuh di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Rabu (26/9). "Saya menyampaikan kepada Mendikbud mengenai program kepengurusan Dewan Masjid ke depan yang bermanfaat terutama di bidang pendidikan," kata JK dalam konferensi pers usai pertemuan.

JK memandang peran masjid yang strategis sebagai pusat pendidikan, terutama PAUD, agar anak-anak Islam bisa sedini mungkin dapat mengenal tempat ibadahnya. "Harus diakui pemerintah mengalami kendala dalam menyediakan infrastruktur untuk mendukung PAUD dan dalam hal ini, masjid dapat menyediakannya," kata JK.

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu mengatakan ada 800 ribu masjid di Indonesia dan sekitar 50 persen di antaranya memenuhi syarat untuk mendirikan sekolah PAUD. "Tentu tidak semua masjid bisa digunakan karena ada syarat yang harus dipenuhi, seperti punya halaman yang cukup luas atau ruangan serba guna," katanya.

"Tapi, saya yakin 50 persen di antaranya memenuhi syarat."

Karenanya, mantan Wakil Presiden itu mengatakan kerja sama antara Kemdikbud dan DMI akan menjadi sinergi yang bagus untuk menumbuhkan sekolah PAUD.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement