Rabu 01 Aug 2012 17:46 WIB

Sambut PMB, Unpad Tawarkan Program Percepatan Studi

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Chairul Akhmad
Salah satu kampu Unpad, Bandung.
Foto: blogspot.com
Salah satu kampu Unpad, Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Padjadjaran pada tahun 2012 diwarnai dengan tawaran program perkuliahan terbaru. Program tersebut antara lain adalah program percepatan studi dan Fast Track.

“Agar saudara-saudara bisa lulus lebih cepat, mulai tahun akademik 2012 ini, Unpad menawarkan percepatan studi kepada mahasiswa yang berprestasi,” jelas Rektor Unpad, Ganjar Kurnia, dalam sambutannya di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Rabu (1/8).

Percepatan studi yang dimaksud Ganjar adalah mahasiswa berprestasi dapat melakukan pengambilan mata kuliah untuk semester di atasnya. Pengambilan mata kuliah di atasnya itu, dilaksanakan pada masa yang selama ini dikenal dengan Semestar Alih Tahun.

Selain itu, pada Semester Alih Tahun ini mahasiswa akan diberi kesempatan juga untuk mendapatkan pengayaan materi studi lintas disiplin ilmu yang terdapat di program studi lain atau bahkan fakultas lain.

Sedangkan untuk mahasiswa berprestasi, agar dapat mempercepat studi (bahkan sampai pada jenjang paling tinggi), disiapkan pula program yang disebut Fast Track. Sesuai dengan namanya, program ini merupakan jalur cepat untuk mahasiswa yang berprestasi untuk dapat menyelesaikan studi S1, sekaligus untuk dapat melanjutkan studi pada S2 dan S3.

“Menurut perhitungan Dikti, mereka yang berprestasi tinggi dapat menyelesaikan program sarjana sampai selesai program doktor dalam kurun waktu 7 tahun saja,” kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengimbau agar para mahasiswa melakukan registrasi pada tiap semester. Jika dalam dua semester, baik berturut-turut maupun tidak berturut-turut, tidak melakukan registrasi, maka dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa Unpad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement